ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan Branding Desa Wisata Berbasis Media Sosial di Kabupaten Pringsewu Lampung

11/5/2024 12:00:00 AM

Forkom Pokdarwis Kabupaten Pringsewu hingga tahin 2024 telah berhasil membentuk sekitar 39 Pokdarwis yang mengelola destinasi pariwisata di desa. Capaian ini patut diapresiasi, tetapi sekaligus perlu didukung dan didampingi agar kinerjanya dapat semakin berdampak pada aspek pengembangan kepariwisataan kabupaten Priungsewu dan terutama bagi peningkatan perekonomian masyarakat Pringsewu. Namun demikian menurut hasil penelitian dan observasi Tim P2M lintas prodi Fiabikom belum semua destinasi/desa wisata berkembang sesuai dengan harapan. Dampak Panjang “tragedi Covid 19” diperlukan pemulihan kembali agar wisatawan (lokal-Pringsewu dan sekitarnya) kembali berminat untuk mengunjungi destinasi yang ada.  Sebagai tindaklanjut dari pelatihan sebelumnya, agar masyarakat lebih mudah mengenal dan tertarik dengan berbagai produk unggulan Desa Wisata khususnya Talang Indah dan Taman Tirta Asri, Tim berpandangan bahwa perlu ada branding yang kuat tentang Desa Wisata tersebut. Disinilah pentingnya memberikan pelatihan Branding Berbasis Media Sosial khususnya bagi Kaum Muda dan Pokdarwis pengelola Desa Wisata.


Pada awalnya pelatihan ini dirancang untuk Desa Wisata Lugusari, namun karena ada  satu dan lain hal akhirnya dialihkan untuk Desa Wisata Talang Indah dan Taman Tirta Asri. Pelatihan dilakukan secara tatap muka. Tujuan pelatihan ini pada dasarnya ingin memberikan penguatan kepada Kaum Muda Lugusari dalam menggali Branding yang efektif untuk mengenalkan Desa Wisata. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 23-24 Oktober 2024. Tim PkM Fiabiokom yang dapat hadir Suharsono, Alfonso, V. Rachmadi dan 2 mahasiswa/i prodi Ilkom yaitu Michelle Angela Allegra Tobing dan Ignatius Paulinus Vito serta pak Marno yang sangat setia mengantar Tim. Pelatihan diikuti 9 orang perwakilan dari Forkom Pokdarwis, Pokdarwis pengelola desa wisata, Kaum Muda dan pelaku usaha pendukung pariwisata.