ASK
ME

REGISTER
NOW

Permasalahan Orang Tua Tunggal, Suatu Tinjauan Literatur

1/29/2007 12:00:00 AM

Penulis/Peneliti: J.M. Henny Wiludjeng

Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat Unika Atma Jaya

Abstrak:
Kalau kita melihat data penduduk dari Biro Pusat Statistik, maka setiap tahun akan terlihat bahwa banyak laki-laki maupun perempuan yang mengalami perceraian, naik cerai hidup maupun cerai mati, karena suami atau istri meninggal dunia. Dari keluarga-keluarga yang bercerai ini sebagian tentunya ada yang menikah kembali, tetapi banyak di antaranya yang tidak menikah lagi (terutama para ibu). Mereka ini berusaha membangun keluarga, membesarkan anak-anak tanpa keberadaan suami.

Di Indonesia jumlah keluarga orangtua tunggal tidak diketahui dengan pasti. Yang ada adalah data duda, janda atau wanita yang mnjai kepala rumah tangga (WKRT). Mereka inilah yang besar kemungkinannya menjadi orangtua tunggal apabila mereka tingal bersama anak dan berperan sebagai orangtua tanpa pasangan. Para WKRT ini, selain terdiri dari para janda karena kematian pasangan dan bercerai, juga wanita yang tidak menikah ataupun yang bersuami tetapi suaminya tidak dapat berfungsi sebagai kepala rumah tangga bisa disebabkan karena suami merantau, sakit, atau tidak mempunya penghasilan. WKRT yang suaminya tidak berpenghasilan ini tidak dapat dikategorikan sebagai orangtua tunggal, karena kenyataannya walauun suami tidak berpenghasilan tetapi masih dapat berfungsi sebagai orangtua bagi anaknya.

Permasalahan.
Dengan banyaknya keluarga dengan orangtua tunggal, seperti terlihat dari data di atas, nampaknya akan banyak permasalahan yang dihadapi oleh orangtua tunggal dalam menjalankan fungsi-fungsi keluarga. Tinjauan literatur ini berupaya memberikan informasi atau jawaban atas pertanyaan-pertanyaan bagaimana keadaan keluarga seperti itu, bagaimana terjadinya keluarga ini, apa saja permasalahan yang mereka hadapi, dan apa dampaknya terhadap kehidupan, perannya sebagai orangtua tunggal, dan terhadap kehidupan si anak.

Metode.
Untuk menyusun tulisan ini dilakukan pengumpulan literatur yang berkaitan dengan masalah orangtua tunggal, baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya. Bahan-bahan yang dikumpulkan berupa buku, jurnal, makalah, skripsi, surat kabar, informasi dari televisi maupun majalah populer. Informasi yang diperoleh kemudian dipilah-pilah, diklasifikasi menurut faktor penyebabnya menjadi orangtua tunggal, macam permasalannya, perannya sebagai orangtua dan dampaknya pada anak.

Tinjauan pustaka ini merupakan studi awal untuk menemukan permasalahan-permasalahan yang mungkin perlu ditindaklanjuti untuk meneliti secara lebih mendalam mengenai fenomena keluarga orangtua tunggal.