ASK
ME

REGISTER
NOW

Penelitian Scenario Based Planing, Yayasan Prayoga, Padang Sumatera Barat

6/16/2017 12:00:00 AM

Penulis/ Peneliti : Clara R. P. Ajisuksmo, Nilla Sari Dewi Iustitiani, Yeremias Siane Ikang Soge dan Benediktus Bayu Jiwoadi

 

Tahun 2017

 

 Scenario Planning

 

 

PKPM Unika Atma Jaya sebagai Fasilitator Penelitian Scenario Planing Yayasan Prayoga Padang, dalam bentuk perencanaan penelitian dan penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan bentuk kerjasama PKPM Unika Atma Jaya dengan Yayasan Prayoga Padang dan Keuskupan Padang, Sumatera Barat. Kegiatan penelitian ini dimulai dari tanggal 17 Nopember 2016 s.d  Maret 2017.

 

Yayasan Prayoga merupakan yayasan pendidikan di bawah naungan Keuskupan Padang yang didirikan pada tanggal 26 Maret 1962.  Saat ini Yayasan Prayoga mengelola 30 lembaga pendidikan, yang terdiri dari delapan (8) Taman Kanak-Kanak, tiga belas (13) Sekolah Dasar, lima (5) Sekolah Menengah Pertama, dua (2) Sekolah Menengah Atas, dan dua (2) Perguruan Tinggi. Lembaga Pendidikan tersebut berlokasi di Kota Padang, Sawahlunto, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pada tahun 2012 yang lalu, Yayasan Prayoga merayakan Pesta Emas 50 tahun berkarya di Keuskupan Padang. Berdasarkan hasil refleksi terkait dengan situasi dan kondisi yayasan, maka Yayasan Prayoga kemudian menyusun Rencana Strategis (Renstra) Yayasan Prayoga  Padang 2012-2017.  

 

Di tahun 2017, Renstra Yayasan Prayoga Padang akan segera berakhir. Oleh karena itu, sebagai bagian dari peringatan ulang tahun Yayasan Prayoga yang ke 55 tahun, maka Yayasan Prayoga ingin membuat kajian mengenai Renstra dan rencana ke depan Yayasan Prayoga Padang. Sejauh mana pelaksanaan Renstra Yayasan Prayoga Padang 2012-2017? Apakah Rencana Strategis (Renstra) Yayasan Prayoga Padang tahun 2012-2017 berjalan dengan baik dan relevan? Apa rancangan ke depan bagi Yayasan Prayoga Padang? Semua pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan-pertanyaan yang ingin dijawab dalam Evaluasi Renstra dan rencana ke depan Yayasan Prayoga Padang.

 

Evaluasi ini bertujuan untuk mengevaluasi rencana strategis (Renstra) Yayasan Prayoga Padang tahun 2012-2017, dan membuat rancangan untuk 25 tahun ke depan Yayasan Prayoga dengan tahapan-tahapan rencana setiap 5 tahunnya.

 

Ada beberapa tahapan evaluasi, yaitu;

  1. Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Evaluasi
  2. Kajian Pustaka, yaitu melakukan kajian terhadap berbagai pustaka yang ada dan relevan dengan Renstra Yayasan Prayoga Padang Tahun 2012-2017.
  3. Pengembangan protokol panduan data kualitatif,

    Pada tahapan ini dilakukan protokol panduan FGD dan wawancara untuk mengeksplorasi :

    1. Hambatan yang dialami selama pelaksanaan Renstra Yayasan Prayoga Padang 2012-2017
    2. Pembelajaran yang didapat selama pelaksanaan Renstra Yayasan Prayoga Padang 2012-2017
    3. Efektifitas dan Efisiensi Renstra Yayasan Prayoga Padang 2012-2017
    4. Perubahan dan Dampak yang dirasakan dari Renstra Yayasan Prayoga Padang 2012-2017
    5. Rekomendasi rencana ke depannya bagi Yayasan Prayoga Padang
  4. Lokakarya, diadakannya loka karya kepada Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan Komite Sekolah. Lokakarya dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, dan Komite Sekolah. Selain itu, loka karya ini juga bertujuan untuk memperoleh data yang  digunakan untuk menunjang penyusunan strategic planning. Loka karya ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 3 s.d 4 Maret 2017 dan dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing lembaga pendidikan (3 orang masing-masing lembaga).
  5. Pengumpulan Data Lapangan, tim peneliti melakukan pengumpulan data di Sekolah TK, SD, SMP, SMA dan Sekolah tinggi/ akademi yang berada di wilayah Kota Padang, Sawahlunto, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.
  6. Analisis Data dan Penulisan Laporan, data yang terkumpul dianalisis, dan dijadikan dasar untuk penulisan laporan