ASK
ME

REGISTER
NOW

Laporan Penelitian, Konsultasi Anak: Mendengarkan Suara Anak-anak Mengenai Kehidupan Mereka (CPME Baseline Data)

1/22/2007 12:00:00 AM

Penulis/Peneliti: Agustina Hendriati, Psi., MSc. ; Lidia L. Hidayat., Psi., MPH. ; Zahrasari Lukita Dewi, Psi. ; Dra. Yohana Rosalina, MA.

Tahun: 1999

PLAN International sebagai lembaga yang berkualitas yang melayani masyarakat yang berada dalam situasi kurang menguntungkan sudah barang tentu juga membutuhkan informasi mengenai kelompok targetnya. Data tersebut adalah basis layanan PLAN International yang tepat guna dan dapat dipantau kemajuannya dalam bidang-bidang yang menjadi perhatian yaitu lingkungan hidup (habitat), kesehatan, pendidikanm penghidupan sehari-hari (livelihood) dan pembinaan hubungan (building realtionships).

Anak-anak sebagai kelompok target langsung/tak langsun dari PLAN International merupakan kelompok yan sangat berkepentingan mngenai arah program PLAN. Sesuai dengan salah satu prinsip KHA, yaitu partisipasi anak (KHA pasal 12), PLAN International sendiri jelas perlu juga memperhatikan apa yang dirasakan, dipikirkan dan diinginkan oleh anak-anak yang akan dilayaninya. Dengan mempertimbangkan suara anak-anak yang dilayaninya dalam rancangan program, PLAN International tidak akan menjadikan anak-anak sebagai obyek semata melainkan sebagai subyek layanan yang didengarkan kepentingannya.

Masalah dan Tujuan:
Sebagai sebuah penelitian yan berorientasi program, maka masalah dalam penelitian ini berkisar pada bidang-bidan yang menjadi perhatian dari lembaga PLAN International. Digabungkan dengan kepentingan untuk mendengarkan suara anak, maka masalah yang hendak mendapat fokus dalam penelitian ini adalah hal positif, hal negatif dan harapan anak dalam bidang pendidikan, kesehatan, habitat/lingkungan hidup, livelihood/penghidupan sehari-hari serta building relationship/pembinaan hubungan. Masalah penelitian bersifat umum dan sesunguhnya hanya akan merupakan pedoman arah penggalian informasi mengingat esensi penelitiannya adalah mengeksplorasi suara anak dalam rangka meningkatkan partisipasi anak sebagai subyek layanan.

Dengan demikian, tujuan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:
-Umum: sebagai upaya meningkatkann partisipasi anak sebgai subyek layanan.
-Khusus: terkumpul informasi umum mengenai masalah habitat, kesehatan, pendidikan, penghidupan sehari-hari (livelihood) dan pembinaan hubungan dari sudut pandang anak-anak.

Penelitian ini mengambil pendekatan kajian lapangan dengan analisis kualitatif. Populasinya seluruh anak yang dilayani oleh PLAN International unit Bogor di Kotamadya Bogor, Jawa Barat. Sampel sekitar 60 anak yang ditarik dengan teknik multistage cluster random sampling tak murni. Teknik ini dipilih dengan pertimbangan anak-anak akan mudah terhambat untuk diminta datang untuk menjadi pserta FGD ke suatu tempat yang masih asing baginya apalagi bila lokasinya berjauhan.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Focus Group Discussion (FGD). FGD adalah metode yang dianggap sesuai untuk mendapatkan data dalam penelitian ini mengingat suara anak adalah sesuatu yang harus muncul secara orisinal, spontan bahkan mungkin secara individual tak berstruktur namun pada akhirnya harus mendapat makan utuh dan sistematis mewakili populasi. Dengan FGD yang dipandu secara baik dan dirancang optimal untuk memancing respon anak-anak, diharapkan akan terkumpul informasi yang kaya dalam waktu yang singkat.

Data akan dianalisis secara kualitatif, khususnya dengan metode analytic comparison yang mengedepankan temuan umum dan khusus (Neuman, 1997)