ASK
ME

REGISTER
NOW

Laporan: Pelatihan Manajemen Kasus, Konseling, dan Tanaman Obat Keluarga

1/29/2007 12:00:00 AM

Penulis/Peneliti: Lamtiur H. Tampubolon; Ranggoaini Jahja

Tahun: 2000

Proyek Community-Based Integrated Service Programs for Working Children: A Case Management Program -atau disebut juga AusAID III -merupakan bagian dari berbagai aktivitas sebelum yang diselenggarakan oleh Atma Jaya dengan bantuan dana dari AusAID. Penekanan proyek ini adalah penggunaan pengetahuan, ketrampilan, dan penanganan yang bersifat holistik (menyeluruh) terhadap masalah-masalah kesehatan dan kebutuhan pekerja anak.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan berlangsung dalam proyek ini, yang diawali dengan tahap persiapan, kemudian pelatihan dengan sejumlah LSM yang terlibat. Sesuai dengan temanya, yaitu "Program Pelayan Terpadu yang bertumpu pada masyarakat bagi Pekerja Anak: suatu pendekatan manajemen kasus", maka seluruh pengetahuan yang diterapkan dalam proyek ini berada dalam satu kerangka, yaitu Manajemen kasus.

Tujuan umum dari pelatihan ini adalah membantu petugas lapangan LSM (pekerja sosial) untuk memberikan program pelayanan yang bertumpu pada masyarakat secara komprehensif dan terpadu kepada pekerja anak yang mempunyai pelbagai masalah dan kebutuhan. Nantinya pelatihan tersebut diharapkan dapat menjadi titik tolak bagi setiap LSM yang terlibat, untuk menjawab kebutuhan praktisnya dalam menanganikasus-kasus pekerja anak.