ASK
ME

REGISTER
NOW

Laporan Hasil Monitoring dan Evaluasi Akhir, Program Pelayanan Terpadu yang Bertumpu pada Masyarakat bagi Pekerja Anak: suatu Pendekatan Manajemen Kasus

1/29/2007 12:00:00 AM

Penulis/Peneliti: Lamtiur H. Tampubolon; Ranggoaini Jahja

Proyek kerjasama antara Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat Unika Atma Jaya dan Australian Agency for International Development (AusAID)

Tahun: 2000

Pendahuluan.
Monitoring dan Evaluasi Akhir ini merupakan bagian kegiatan dari "Program Pelayanan Terpadu yan Bertumpu pada Masyarakat bagi Pekerja Anak: suatu pendekatan Manajemen Kasus". Seperti yang telah diutarakan pada Laporan-Laporan sebelumnya (lihat "Laporan Pelatihan Manajemen Kasus, Konseling dan Tanaman Obat Keluarga" serta "Laporan Hasil Monitoring dan Evaluasi (Pendampingan)Awal), ke 15 LSM yang terlibat di dalam proyek ini mempunyai waktu 6 bulan untuk menerapkan pendekatan Manajemen Kasus kepada kelompok dampingannya masing-masing. Sebelum implementasi kegiatan tersebut berakhir, rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Monitoring terhadap masing-masing LSM yang dilakukan oleh staf PKPM.

Tujuan.
Adapun tujuan dari Kegiatan Monitoring kali ini adalah memantau dan mengevaluasi keseluruhan program yang dijalankan oleh kelimabelas LSM sehubungan dengan Manajemen Kasus, sekaligus melihat hambatan-hambatan/kendala yang dialami oleh masih-masing LSM.

Metode.
Monitoring dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu:

  • Kunjungan langsung ke lapangan (kantor LSM maupun tempat di mana kelompok dampingan berada, misalnya Rumah Singgah/Rumah Belajar/Workshop) - observasi
  • Wawancara dengan tim manajemen kasus di masing-masing LSM (menggunakan daftar pertanyaan: khusus dan umum)
  • Wawancara kelompok dengan kelompok dampingan.