ASK
ME

REGISTER
NOW

Kematian Bayi dan Anak di Indonesia, bibliografi beranotasi. Kelompok Studi masalah Kesehatan Masyarakat

1/29/2007 12:00:00 AM
Penulis/Peneliti: Sahat Sitohang

Tahun: 1986

Latar belakang dan tujuan:
Literatut mengenai masalah Kematian Bayi dan Anak (KBA) di Indonesia tersebar di banyak tempat. Hal ini menjadi hambatan besar bagi para peneliti, penentu kebijakan, dan pekerja lapangan dalam menggunakan sumber-sumber informasi yang ada secara efektif, sebab dalam mencari data tentang masalah KBA di Indonesia mereka harus menghubungi berbagai instansi/lembaga di tempat yang terpencar. Selain itu, situasi ini menimbulkan kesulitan untuk memperoleh pandangan dan pengetahuan yang lebih luas mengenai keadaan KBA di Indonesia sekarang. Suatu inventarisasi literatur yang telah ada akan memberi pedoman untuk wawasan yang lebih luas serta akan dapat mengungkapkan bahan-bahan yang berharga untuk penetapan prioritas penelitian di masa yang akan datang.

Pusat Penelitian Atma Jaya, yang telah melaksanakan survei kesehatan masyarakat sejak 1973, telah mengambil inisiatif untuk melaukan inventaris masalah KBA di Indonesia, dalam proyek 6 bulan, dengan tujuan sebagai berikut:
  1. Mengumpulkan literatur yang relevan tentang KBA di Indonesia, khususnya sejauh masalah "pembahasannya dialamatkan dari pandangan ilmu-ilmu sosial.
  2. Menyusun bibliografi beranotasi, yang berisi studi yang relevan dengan KBA.
  3. Meninjau secara kritis literatur yang tersedia untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam pengetahuan yang ada, dan untuk menunjukkan topik-topik penelitian di masa mendatang.
  4. Mempersiapkan Pusat Penelitian Unika Atma Jaya sebagai Pusat Informasi mengenai masalah KBA di Indonesia.