ASK
ME

REGISTER
NOW

Kemampuan Melek Huruf Warga Plan International Program Unit Bogor

1/22/2007 12:00:00 AM

Penulis/Peneliti: Maria G. da Cunha; Clara R.P. Ajisukmo

Tahun: 1999

Kemampuan melek huruf merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap manusia dalam rangka mempertahankan kehidupannya. Dengan memiliki kemampuan melek huruf, setiap manusia akan lebih mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi dirinya maupun manusia lain di sekitarnya. Begitu pentingnya kemampuan melek huruf bagi kehidupan manusia, sehingga bisa dikatakan bahwa kemampuan melek huruf merupakan hak bagi setiap manusia dan semua pihak harus mendukung dan mengupayakan agar setiap manusia dapat memenuhi hak tersebut. Orang dewasa yang berada di sekitar anak, merupakan salah satu pihak yang sangat relevan dalam menunjang kemampuan melek huruf anak. Dengan kesadaran akan pentingnya kemampuan melek huruf dan tingkat kemampuan melek huruf yang memadai dari orang tua, diharapkan orang tua dapat lebih mampu memfasilitasi perkembangan anak dalam menghadapi tugas-tugas di sekolah dan permasalahan lain dalam kehidupan anak di kemudian hari.

Tujuan umum survei ini adalah untuk memperoleh informasi tingkat kemampuan melek huruf (baca-tulis) orangtua/wali/pengasuh anak-anak warga binaan PLAN Int. Program Unit Bogor.

Secara khusus survei ini bertujuan untuk:

  1. Memperoleh gambaran tingkat kemampuan melek huruf (baca-tulis) para orangtua/wali/pengasuh anak-anak warga binaan PLAN Int. Program Unit Bogor, terutama kaum ibu atau wanitanya.
  2. Memperoleh gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan melek huruf (baca-tulis) para orangtua/wali/pengasuh anak-anak warga binaan PLAN Int. Program Unit Bogor.
  3. Memperoleh masukan untuk menetapkan rencana kegiatan yang akan datang dalam rangka meningkatkan kemampuan melek huruf (baca-tulis) para orangtua atau wali atau pengasuh anak-anak warga binaan PLAN Int. Program Unit Bogor.