ASK
ME

REGISTER
NOW

Kelompok Kaum Muda Katolik Kategorial Keuskupan Agung Jakarta. Seri Laporan Penelitian Keagamaan 92

1/29/2007 12:00:00 AM

Penulis/Peneliti: Hubertus Ubur; Clara Ninawati

Tahun: 1990

Pengantar.
Bagian Penelitian Sosial Kegerejaan telah mendapat penugasan dari Komisi Kepemudaan Konperensi Waligereja Indonesia untuk melakukan penelitian di kalangan kelompok kategorial kaum muda katolik. Untuk saat ini, penelitian diabatasi pada kelompok kategorial yang ada di Keuskupan Agung Jakarta dengan alasan praktis saya yaitu bahwa tenaga peneliti terbatas. Alasan lain ialah waktu. Diharapkan bahwa penelitian sudah selesai sebelum sidang Konperesni Waligereja yang menurut rencana diadakan bulan November 1990, sementara kepastian pelaksanaan penelitian baru diperoleh Juni 1990.

Informasi yang dikumpulkan antara lain tentang tahun terbentuknya kelompok, jumlah anggota, tujuan, kegiatan, faktor pendukung dan penghambat kegiatan, materi pembinaan atau kaderisasi, dan komunikasi atau hubungan kerjasama kelompok kategorial dengan kelompok kategorial kaum muda lainnya, hubungan dengan hirarki dan dengan berbagai kelompok atau wadah kaum muda lainnya dalam masyarakat.

Penelitian ini sifatnya deskriptif, dalam arti informasi yang dikumpulkan hanya merupakan pendeskripsian tentang aspek-aspek tertentu mengenai kelompok kategorial kaum muda katolik. Sebagai demikian, studi lebih bermaksud memunculkan atau mengangkat persoalan-persoalan yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut. Namun hal itu tidak berarti bahwa hasil penelitian kurang bermanfaat. Ia justru berguna sebagai sarana untuk mengenal lebih lanjut. Namun hal itu tidak berarti bahwa hasil penelitian kurang bermanfaat. Ia justru berguna sebgai sarana untuk mengenal lebih dalam kelompok-kelompok kategorial keum muda, dan berdasarkan pengenalan itu bisa diambil langkah-langkah pastoral yang tepat dan berhasil guna.

Telah dikemukakan di atas bahwa penelitian ini dibatasi pada kelompok kategorial kaum muda katolik yang ada di Keuskupan Agung Jakarta. Namun hasilnya dapat bermanfaat pula bagi keuskupan-keuskupan lain. Dengan perbaikan-perbaikan seperlunya, penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai contoh penelitian tentang kelompok kategorial kaum muda keuskupan-keuskupan lain. Penelitian seperti itu tidak hanya akan menghasilkan informasi tentang kesamaan tetapi juga keragaman berbagai kelompok kategorial. Perolehan lain ialah informasi yang menyeluruh tentang kelompok bersangkutan dalam skala nasional. Informasi seperti itu tentu saja bermanfaat sebagai salah satu masukan untuk penyususnan kebijakan nasional menyangkut pembinaan pastoral kaum muda kategorial.