ASK
ME

REGISTER
NOW

Kader Kesehatan dan Pemuka Masyarakat di Daerah Perkotaan

3/6/2007 12:00:00 AM


Peneliti/Penulis: Charles Surjadi, Attas Hendartini Habsjah, Maria G. da Cunha

Fasilitas kesehatan berupa sarana dan tenaga di daerah kota lebih banyak tersedia daripada di desa. Akan tetapi suatu kenyataan yang cukup menyedihkan bahwa kelompok miskin yang tinggal di kota masih banyak yang belum tersentuh oleh pelayanan kesehatan.


Sejak tahun 1975 PKMD (Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa) dilaksanakan di Indonesia sebagai bentuk operasional dari Primary Health Care (PHC). Hal ini ditegaskan kembali dalam naskah Sistim Kesehatan Nasional (SKN) yang diputuskan oleh menteri kesehatan pada tahun 1982.

Peran serta masyarakat melalui pendekatan PKMD yang secara singkat dapat diartikan sebagai suatu pendekatan pelayanan kesehatan yang “community based”, yang berarti oleh dari untuk Masyarakat, sudah banyak dilaksanakan serta dipelajari di daerah pedesaan Indonesia. Tetapi di daerah perkotaan studi penerapan PKMD sedikit sekali dilakukan bahkan efektivitasnya di daerah perkotaan masih dipertanyakan.

Rumah sakit Atma Jaya bekerja sama dengan Pusat Penelitian Atma Jaya menerapkan salah satu bentuk PKMD perkotaan melalui program aksi yang dikombinasikan dengan penelitian untuk melihat hasil-hasil ataupun dampak dari berbagai program yang telah dilakukan.

Buku ini menguraikan hasil studi dan proses penerapan PKMD yang telah dilakukan sejak April 1984 s/d Nopember 1985.

Tahap-tahap yang dilakukan dalam menerapkan PKMD akan terlihat dalam buku ini yaitu:

  • mendidik kader kesehatan
  • proses seleksi kader
  • materi dan sistim pengajaran
  • aktivitas yang dilakukan kader kesehatan
  • hasil atau jangkauan program
  • proses pembinaan kader kesehatan
  • partisipasi masyarakat
  • peranan pemuka masyarakat

 

Maksud dan tujuan dari buku ini adalah:

  1. Memaparkan keuntungan ataupun kesalahan dari pendekatan yang dilakukan terutama dalam menerapkannya di daerah perkotaan.
  2. Mengemukakan pengalaman yang diperoleh
  3. Membuat rekomendasi dan usul bagi penerapan PKMD di daerah perkotaan Indonesia.