ASK
ME

REGISTER
NOW

Faktor-faktor yang Menentukan Peluang anak Bekerja dan Penyebaran Spasial Kesempatan Kerja bagi Anak di Perkampungan Kumuh Perkotaan Jakarta

1/29/2007 12:00:00 AM

Penulis/Peneliti: Susy Y.R. Sanie

Makalah Seminar sebagai persyaratan untuk memperoleh gelar Magister Sains pada Program Pasca Sarjana - Institut Pertanian Bogor
Program Studi Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan Program Pasca Sarjana - Institut Pertanian Bogor

Tahun: 1997

Latar Belakang:
Pekerja anak merupakan masalah yang mulai ramai dibicarakan sehubungan dengan pengembangan sumberdaya manusia yang menjadi fokus PJPT II. Hal ini berkaitan dengan program pengembangan anak (child development) yang merupakan kelanjutan program kelangsunga hidup anak (child survival) yang berhasil menekan angka kematian bayi dan anak pada PJPT 1. Penanganan masalah pekerja anak yang tepat dapat memutuskan mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga upaya ini penting untuk mendukung program pengentasan kemiskinan yang sedang digalakkan.

Penelitian ini ingin menyusun suatu model peluang yang dapat dipakai untuk memprediksi berapa besar fenomena pekerja anak dari daerah miskin perkotaan Jakarta. Juga akan dipelajari aspek regional dari "kesempatan kerja" yang tersedia bagi anak di perkotaan Jakarta. Selain itu, akan diteliti pula kesempatan kerja yang bagaimana yang diperoleh para pekerja anak berdasarkan karakteristik demografinya. Aspek potensi sumberdaya manusia dari orangtua yang melatarbelakangi ‘pembentukan’ pekerja anak tersebut juga diteliti.

Secara umum penelitian ini bertujuan membantu upaya strategis dalam penanganan masalah pekerja anak terutama di daerah miskin perkotaan. Secara khusu, penelitian ini bertujuan untuk:

  1. Menyusun suatu model peluang yang dapat dipakai untuk menduga berpa jumlah anak bekerja di suatu daerah miskin perkotaan.
  2. Mempelajari penyebaran spasial dari kesempatan kerja bagi anak-anak di daerah perkotaan.
  3. Mempelajari hubungan antara karakteristik demografi anak (umur, jenis kelamin, pendidikan) dengan karakteristik pekerjaannya (termasuk jenis pekerjaan dan lokasi bekerja).
  4. Mempelajari pengaruh aspek sumberdaya manusia (human capital) dari orang tua sebagai faktor pendorong terciptanya pekerja anak.


Sampel diambil dengan metoda pengambilan sampel bertahap ganda (multistage sampling). Mula-mula dipilih secara acak 3 lokasi RW pemukiman kumuh disetiap wilayah Kodya DKI Jakarta melalui komputer, dengan cadangan 3 lokasi.
Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program komputer, secara keseluruhan ada 3 program piranti lunak (software) komputer yang dipakai. Program SPSS/PC digunakan untuk menjawab tujuan penelitian I. Tujuan II dan II menggunakan analisis Hayashi Quantification II.