ASK
ME

REGISTER
NOW

Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pelayanan Kesehatan Primer di Unit-unit Kesehatan Perdhaki

1/29/2007 12:00:00 AM
Penulis/Peneliti: Lamtiur H. Tampubolon; Judith Sahanaya

Tahun: 1991

Dalam rangka pengembangan Pelayanan Kesehatan Primer(Primary Health Care = PHC) di unit-unit kesehatan Perdhaki, dilakukan pelbagai kegiatan yang merupakan suatu rangkaian berupa operasional resesarch (OR). Pelbagai kegiatan yang telah dan sedang dilakukan adalah: baseline survey, seminar pengembangan PHC, pengadaan pusat informasi PHC, penyusunan manual dan audio-visual bagi petugas unit dan kader, pelatihan tim pelaksana PHC, dan pelaksanaan kegiatan PHC. Untuk menjamin keberhasilan rangkaian kegiatan tersebut dibuatlah titik-titik penilaian di antara beberapa kegiatan yang disebut Evaluasi I, Evaluasi II dan Evaluasi III.

Tujuan umum dari Evaluasi II adalah melihat hubungan antara pelaksanaan kegiatan PHC dan keberhasilannya di 12 unit kesehatan Perdhaki yang berada di wilayah Jakarta, Jawa Timur, dan Sulselra. Sedangkan tujuan khususnya adalah:
  1. melihat apakah pelaksanaan kegiatan PHC tersebut sesuai dengan 7 langkah PKMD.
  2. melihat bgaimana keberhasilan kegiatan PHC tersebut pada setiap langkah pelaksanaan, serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan.
  3. melihat metode promosi dan pembinaan yang diberikan oleh Perdhaki Pusat/Wilayah kepada unit yang melaksanakan program PHC, penerimaan dan tanggapan unit tentang efektivitas dari setiap metode promosi yang digunakan.
  4. melihat peran petugas yang pernah dialtih dalam pembuatan proposal dan pelaksanaan kegiatan PHC, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  5. mendapat informasi mengenai kebutuhan bagi pelaksana kegiatan PHC di masing-masin unit.
  6. mendapatkan informasi mengenai faktor-faktor yang menyebabkan unit-unit lain tidak mengajukan proposal.

Aktivitas studi evaluasi II dilakukan secara kualitatif, menggunakan 2 (dua) teknik evaluasi; yaitu: wawancara kelompok dan wawancara mendalam.