ASK
ME

REGISTER
NOW

PELATIHAN OBE DAN CPL


Pada tanggal 12 dan 13 Februari 2024, segenap tim kurikulum dari keempat program studi yang berada di bawah naungan FIABIKOM menyelenggarakan kegiatan pelatihan terkait dengan pengembangan kurikulum. Pelatihan difasilitasi oleh dr. Liliana Sugiharto, yang telah lama berkecimpung di DIKTI untuk berbagai hal terkait dengan pengembangan kurikulum. Materi yang dilatihkan adalah tentang kurikulum Outcome Based Education (OBE) dan pembuatan Capaian Pembelajaran (CPL). Pelatihan ini diselenggarakan oleh LIPP Unika Atma Jaya. Pelatihan ini berlangsung di gedung KW lantai 7 Unika Atma Jaya.

 

Kurikulum program studi perlu diperbaharui untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan tetap relevan dan responsif terhadap perkembangan zaman, teknologi, dan kebutuhan pasar kerja yang terus berubah. Perbaharuan kurikulum memungkinkan penyelarasan dengan tren dan inovasi terkini dalam bidang studi yang bersangkutan, mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dunia nyata, serta meningkatkan daya saing lulusan di pasar kerja global.

 

Penerapan kurikulum Outcome Based Education (OBE) penting dalam program studi di Indonesia karena pendekatan ini memfokuskan pada hasil pembelajaran yang dapat diukur secara konkret, memastikan bahwa mahasiswa memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang relevan dan sesuai dengan tuntutan pasar kerja serta kebutuhan masyarakat. OBE juga mendorong pengembangan kurikulum yang lebih terintegrasi, transparan, dan responsif terhadap perubahan konteks sosial, ekonomi, dan teknologi. Dengan mengadopsi pendekatan ini, program studi dapat lebih efektif dalam mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan, sehingga lulusan dapat lebih siap dan kompetitif dalam menghadapi tantangan masa depan.



 

Pelatihan dalam pembuatan Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) penting bagi para dosen karena mereka merupakan fondasi utama dari perancangan kurikulum dan pengajaran yang efektif. Dengan memahami dan mampu membuat Capaian Pembelajaran yang jelas, spesifik, terukur, dan relevan, para dosen dapat merencanakan pembelajaran dengan lebih baik, memastikan bahwa setiap pertemuan dan aktivitas pembelajaran berkontribusi pada pencapaian tujuan akhir. Selain itu, Capaian Pembelajaran yang baik juga memungkinkan evaluasi yang objektif terhadap pencapaian mahasiswa dan membantu dalam memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di masa mendatang. Oleh karena itu, pelatihan ini membantu dosen menjadi lebih efektif dalam mendukung perkembangan akademik mahasiswa dan memastikan kualitas pendidikan yang diselenggarakan.