Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) telah lama dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Salah satu program studi yang menjadi carrier flag adalah Ilmu Komunikasi yang terakreditas Unggul dan memiliki berbagai inisiatif pendidikan yang progresif.
Salah satu keunggulan yang menjadi daya tarik utama Prodi Ilmu Komunikasi di Unika Atma Jaya adalah lingkungan pembelajaran yang nyaman, dan mendukung aktivitas pembelajaran yang dinamis, serta kurikulum yang mengikuti trend saat ini dan masa depan.
Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, UAJ, tidak hanya diajak untuk menguasai teori dan konsep komunikasi, tetapi juga didorong untuk terlibat aktif dalam implementasinya melalui kegiatan ekstrakurikuler dan praktikum. Salah satunya adalah Atma Radio, wadah kegiatan mahasiswa Dimana mahasiswa dapat mempraktikkan matakuliah content creative melalui pembuatan podcast dan vlog yang dapat diakses melalui Youtube dan Spotify. Aktivitas ini mendorong mahasiswa untuk mengasah keterampilan mereka dalam produksi konten kreatif, editing video dan audio, kemampuan komunikasi, serta pengelolaan platform media digital. Mereka juga sekaligus belajar bekerjasama dalam kelompok dan lintas budaya.
Mendorong Kolaborasi dan Problem Solving
Selain itu, Prodi Ilmu Komunikasi di UAJ juga membangun nilai-nilai kolaborasi dalam proses pembelajaran. Mahasiswa diajak untuk berpikir kritis dan bekerja sama dalam membahas kasus yang kompleks. Dengan begitu mereka tidak hanya menjadi individu yang cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kemampuan analitis, kreatif, dan solutif dalam menghadapi tantangan serta memecahkan masalah.
Pendidikan Berbasis Praktik
Untuk memperdalam pemahaman konsep dan teori, mahasiswa diajak untuk melakukan praktik secara langsung sebagai bentuk implementasi ilmu. Mahasiswa didorong untuk mengembangkan keterampilan praktis seperti storytelling, kampanye komunikasi, pembuatan produk. Hasil karya mahasiswa juga didorong untuk dipublikasikan ke media eksternal seperti melalui pameran sehingga mereka memperoleh pengalaman berharga dalam mengelola event, berkomunikasi dengan audience, mengembangkan riset berbasis data, dan berbagai aktivitas lainnya.
Mata Kuliah Relevan dengan Dunia Kerja
Dalam program studinya, tersedia tiga peminatan yaitu Marketing Communication (Marcomm), Corporate Communication (Corcomm), dan Media. Prodi Ilmu Komunikasi UAJ membekali mahasiswa dengan pengetahuan dunia digital yang berkembang dari mata kuliah dasar hingga mata kuliah peminatan dan semuanya terkait dengan kebutuhan dunia kerja, termasuk tentang AI dalam Ilmu Komunikasi
Inisiatif Inovasi
Prodi Ilmu Komunikasi, Unika Atma Jaya secara rutin membuat kampanye-kampanye yang menonjolkan nilai-nilai tertentu dalam skala universitas setiap tahunnya.
Kampanye tersebut tidak hanya menjadi sarana untuk mempromosikan nilai-nilai tersebut, tetapi juga sebagai platform bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam dunia nyata.
Untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa dalam lingkup internasional, Prodi Ilmu Komunikasi di UAJ Atma Jaya juga mengadakan berbagai kegiatan seperti seminar dan pertukaran mahasiswa. Ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka dan memperkaya pengalaman belajar mereka melalui interaksi dengan mahasiswa dari negara lain.
Adapun berbagai fasilitas juga disiapkan sebagai penunjang untuk menghasilkan lulusan Prodi Ilmu Komunikasi yang berkualitas seperti adanya program beasiswa, aktif di program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), kegiatan pengabdian masyarakat, inovasi digitalisasi, para dosen dengan mobilitas internasional, kerja sama dengan pemerintah dan perusahaan, student exchange, serta kolaborasi dengan alumni.
Dengan
berbagai inisiatif pendidikan yang progresif dan lingkungan pembelajaran yang
mendukung, Prodi Ilmu Komunikasi UAJ terus menjadi pilihan utama bagi mereka
yang tertarik untuk mengeksplorasi dunia komunikasi dalam konteks yang beragam
dan dinamis.
Prospek Karir
Hasil
Tracer Study menunjukkan bahwa lulusan Prodi Ilmu Komunikasi mendapat pekerjaan
kurang dari 2 bulan dan bahkan banyak yang mendapatkan pekerjaan sebelum mereka
lulus. Mereka banyak bekerja di berbagai bidang, seperti media, korporasi, dan
institusi pemerintahan. Profit, Non Profit, NGO, Pemerintah, Internasional
Company, dll
Kesan Alumni
Maria Adelina Dewi Mahendratta (Alumni
Prodi Kom Angkatan 2014):
Saya merasa berkuliah di Prodi
Komunikasi UAJ banyak merubah cara padang dan perilak saya menjadi pribadi yang
lebih terbuka, produktif, kreatif dan kritis. Para tenaga pengajar memiliki
ilmu dan pengalaman praktis yang beragam dan mendalam, membuat saya menikmati
dan mencintai setiap proses belajar serta terdorong untuk terkoneksi dengan
lebih banyak orang. Para dosen begitu terbuka untuk mendengar tentang apa yang
menjadi keinginan mahasiswa dan juga terbuka pada apa yang sedang menjadi
kebutuhan di masyarakat. Sehingga segala bentuk ilmu yang akan didapat selama
belajar di Prodi Komunikasi UAJ terasa sangat bermanfaat dan dinamis.
Meski sudah 6 tahun lulus, saya melihat
dan merasakan bahwa selalu ada inovasi dan improvisasi dalam hal fasilitas,
pengajaran dan keragaman mata kuliah yang update mengikuti tren sesuai
kebutuhan global, sehingga saya yakin para lulusannya selalu akan bisa bersaing
dan bertahan di dunia kerja.
Hal ini membuat saya setelah lulus
memiliki keinginan untuk tetap berkontribusi demi kemajuan Prodi Kom UAJ karena
selama proses belajar 3.5-4 tahun saya merasa disambut, dididik, didukung,
dibantu, dan diberikan kepercayaan dengan hangat layaknya keluarga besar
dan saya berharap akan lebih banyak lagi
ke depannya mahasiswa yang bisa merasakan bahwa proses belajar itu sangat
menyenangkan dan benar-benar berguna sebagai bekal bersaing di pasar dunia
kerja. Lingkungan belajar yang positif
ini pun membuat kami para alumni tetap terkoneksi satu sama lain
ataupun dengan para pengajar untuk
saling membantu dan mendukung satu sama lain dalam hal karir. Jadi yang bisa
diambil bukan hanya ilmu akademik, melainkan network yang luas.