ASK
ME

REGISTER
NOW

Rainwater Harvesting for Healthy and Smart School

2/6/2013 12:00:00 AM

image-rainwater-harvesting


Setelah sukses dengan Coca-Cola Foundation Indonesia pada 2011 silam, Unika Atma Jaya melalui Tim PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Fakultas Kedokteran, LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) serta Layanan Komunitas Atma Jaya (Yankom) menggandeng Yayasan Bakti Barito Pacific untuk Program RWH (Rainwater Harvesting). Program RWH ini merupakan penunjang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah—Healthy and Smart School.


Program RWH akan dilaksanakan di beberapa sekolah yang menjadi mitra PHBS, di antaranya SDN (Sekolah Dasar Negeri) Kamal Muara 01, SDN Kamal Muara 02, SDN Pejagalan 01, SDN Pejagalan 02 dan SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri) 120 Kamal Muara. Sebagai sosialisasi program RWH, Tim PHBS, LPPM dan Yankom Atma Jaya mengadakan Lokakarya Mini “Rainwater Harvesting dan Program Sekolah Sehat”. Lokakarya ini digelar di SMPN 120 Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara pada 2 Februari 2013.


Lokakarya mini ini mengundang Komite Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru dari sekolah-sekolah yang menjadi mitra tersebut. Adapun materi yang disampaikan dalam lokakarya ini adalah informasi terkait program RWH dan Program Sekolah Sehat, penjelasan tentang sistem RWH, sharing pengalaman dari sekolah SDN 01 Pluit yang sudah lebih dahulu melaksanakan program ini serta beberapa kegiatan yang akan dilakukan untuk menunjang Program RWH dan Sekolah Sehat. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan tersebut adalah pembangunan infrastuktur, capacity building (workshop guru, komite sekolah dan ToT Dokter Kecil) serta PromKes (Promosi Kesehatan) ke semua siswa.


Lokakarya mini ini dibuka dengan kata sambutan dari Bapak Turman, M.Pd selaku Kepala Seksi Dinas Pendidikan Dasar, yang menyampaikan apresiasinya kepada Unika Atma Jaya, Yankom dan Bakti Barito, “Saya sangat salut dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim PHBS Unika Atma Jaya untuk idenya dengan menampung air hujan sehingga dapat menunjang efisiensi pemakaian air PAM dan listrik, serta program ini merupakan program yang ramah lingkungan”. Lokakarya mini ini turut dihadiri oleh Dr. dr. Soegianto Ali, M.Med.Sc. selaku Dekan FK, Dr.dr. Lukas Kristanda, MPH, MM selaku Koordinator Yankom, drg. Liling Pudjilestari, DDPH selaku Kordinator Program, H. J. Sutarno, S.Pd selaku staf LPPM dan para mahasiswa FK yang tergabung dalam Tim PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).


Diakhir lokakarya, peserta diminta untuk memberikan pesan dan kesan dan dari sekian banyak pesan dan kesan positif yang diberikan, beberapa peserta menuliskan;

“Teruskan perjuangan Unika Atma Jaya untuk mewujudkan anak bangsa yang cerdas dan sehat.”

“Luar biasa!! Ini adalah program pemecahan masalah air di sekolah kami, semoga dapat bermanfaat untuk kemajuan perilaku hidup sehat”.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan berguna sekali untuk membangkitkan kesadaran kita akan pentingnya kebersihan untuk kesehatan.”



(Diperbarui oleh neg-m&pr/02/13)