ASK
ME

REGISTER
NOW

Public Lecture with Prof. Dr. Sofian Effendi

4/11/2013 12:00:00 AM

Public Lecutre with Sofian Effendi

Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya bekerjasama dengan UNDP (United Nations Development Programme) menggelar Public Lecture dengan mengusung tema Decentralization History, Theory and Polic pada 9 April 2013. Kuliah umum ini menghadirkan Prof. Dr. Sofian Effendi (Public Service UNDP) sebagai pembicara. Desentralisasi merupakan topik yang diangkat sebagai salah satu langkah kongkrit untuk mendekatkan pemerintah dengan rakyatnya.

 

Dalam kuliah umum yang berlangsung di Gedung Yustinus lantai 15 ini, Prof. Dr. Sofian Effendi menyampaikan bahwa desentralisasi merupakan tindakan politik yang didorong oleh pertimbangan politik dan Indonesia memiliki sejarah yang panjang tentang desentralisasi. Desentralisasi sudah dimulai sejak awal kemerdekaan RI (Republik Indonesia). Beliau juga menyampaikan bahwa konsep desentralisasi merupakan konsep ideal untuk mengatur masyarakat yang majemuk, karena Indonesia merupakan negara yang majemuk. Hanya saja Undang-Undang di Indonesia yang disusun tidak mendukung konsep pengembangan desentralisasi secara mantap. Untuk itu, menurut beliau, saat ini Indonesia memerlukan otoritas yang tegas dari pemangku kepentingan tentang pembagian kewenangan antara pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten serta mengembangkan provinsi sebagai pusat kabupaten dan kota sehingga provinsi memiliki fungsi kebijakan yang jelas.

 

 

Kuliah umum ini diikuti oleh peserta yang mayoritas merupakan dosen,  peneliti, pegawai pemerintahan, mahasiswa yang datang dari berbagai institusi seperti dari Kementrian Dalam Negeri, Universitas Andalas, Curtin University, University of Western Australia. Setelah kuliah umum selesai, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi panel. Dengan panelis, Dicky Andrika, Aryos Nivada, Abdullah Sanusi, Rumayya Batubara dan Risky Raisa.

 

Kuliah umum dan diskusi panel berjalan dengan lancar dan sangat menarik minat para peserta yang hadir dalam acara ini. Hal ini tercermin dari banyak peserta yang bertanya mengenai materi desentralisasi yang dibahas oleh para pembicara dan pemakalah.

 

Diharapkan dengan adanya acara ini dapat mendorong pengembangan diri peneliti-peneliti muda di seluruh Indonesia di bidang desentralisasi dan menambah pemahaman masyarakat Indonesia tentang topik tersebut.

 

Public Lecture