ASK
ME

REGISTER
NOW

Program Sahabat Daya Universitas Batch 3

11/29/2019 12:00:00 AM

   

Sebanyak 59 mahasiswa yang terbagi ke dalam 20 kelompok Kapital Selekta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya mengikuti Program Sahabat Daya Universitas Batch 3 mulai dari 29 Agustus  – Desember 2019 dengan 9 dosen Pendamping, di antaranya adalah: Dr. Irenius Dwinanti Bimo, Dr. Mukhlasin, Ak , Yanuar Nanok, SE., M.Ak, Dra. Yunia Panjaitan,.M.M., Dra.Thio Anastasia Petronila, Ak.,M.M., CPMA, Synthia Madyakusumawati, S.E., M.S.Ak, Julianti Sjarief, S.E., Ak., M.M., CA., CPMA, Sri Hapsari Wijayanti, S.S., M.Hum, dan Drs. Syarief Darmoyo, M.Si.

Modul dan kurikulum pelatihan bagi nasabah BTPN selalu disempurnakan dengan menggandeng berbagai universitas salah satunya adalah Universitas Atma Jaya Jakarta.

Sahabat daya Universitas lahir dari panggilan jiwa untuk memberikan arti dalam hidup orang lain. Sahabat Daya merupakan realisasi dari komitmen Bank BTPN yang bekerja sama dengan Universitas Katholik Atma Jaya di bawah naungan PPM untuk meningkatkan kapasitas nasabah secara berkelanjutan dengan memberikan kesempatan tumbuh dan hidup yang lebih baik sebagai program pemberdayaan mass market termasuk pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Sahabat Daya Universitas memfokuskan diri untuk melayani dan memberdayakan masyarakat terutama dari segmen masyarakat berpendapatan rendah, yang terdiri dari para pensiunan, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta komunitas prasejahtera produktif.

   

Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Atma Jaya meyakini  bahwa nasabah BTPN tidak hanya membutuhkan akses kepada pembiayaan untuk meningkatkan taraf hidup,  mereka juga membutuhkan pelatihan dan pendampingan di bidang usaha dan kesehatan agar memiliki hidup yang baik.

Program pendampingan usaha dan kesehatan bagi nasabah tidak terbatas pada masalah pengelolaan keuangan  tetapi juga berbagai kiat meningkatkan usaha, memperluas jaringan pemasaran, cara melayani pelanggan, hingga hal-hal seputar menjalani pola hidup sehat.

Presentasi hasil yang disejajarkan dengan Ujian Akhir Semester (UAS) dilaksanakan pada hari Kamis, 28 November 2019 di Lantai 7 Gedung G Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.Dalam presentasi yang dipaparkan oleh mahasiswa mengenai nasabah yang mereka kunjungi. Rata-rata nasabah tersebut mendapat manfaat di antaranya adalah: dengan adanya pendampingan dari mahasiswa pencatatan keuangan semakin rapi dan tersusun sehingga nasabah tahu untuk apa saja uangnya digunakan, karena uangnya tersusun dengan rapi maka jumlah uang yang dapat ditabung menjadi lebih banyak, dan mempunyai gambaran tentang bagaimana usahanya ke depan agar lebih berkembang. Selain pengalaman, dalam kegiatan SDU ini ada beberapa manfaat yang didapat mahasiswa selama melakukan pendampingan,  diantaranya adalah: mengetahui bagaimana cara membuka usaha dengan modal minim,  merasa bermanfaat bagi masyarakat karena dapat membagi ilmu yang sudah didapat dari universitas, bisa terjun langsung ke lapangan membantu nasabah dalam mengembangkan usaha, dan belajar bagaimana caranya agar tidak menyerah apabila usaha mengalami kegagalan.


Adapun feedback selama pendampingan adalah tugas pendampingan terhadap nasabah sudah cukup efektif untuk mahasiswa, selain itu mahasiswa juga dapat memahami apa yang terjadi dalam dunia pekerjaan yang sesungguhnya dengan dana terbatas dan ruang lingkup yang tidak terlalu besar. Oleh karena itu semoga untuk ke depannya pembekalan seperti ini dapat dikembangkan kembali karena dapat membantu UKM di Indonesia sehingga masyarakat dapat semakin lebih maju.

Setelah presentasi UAS akan diadakan pengumuman pemenang kelompok terbaik pada Bulan Desember.

Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM)