ASK
ME

REGISTER
NOW

Profil Kecerdasan Penduduk di Empat Pulau Besar Indonesia: Studi Awal Pembuatan Norma Alat Ukur Kecerdasan WAIS-IV Versi Bahasa Indonesia

09/13/2017 00:00:00

ndika Octavianto, Mohammad A. G. Priadi, Magdalena S. Halim, dan Christiany Suwartono

 

Intisari

Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kecerdasan masyarakat Indonesia dengan menggunakan WAIS-IV-ID untuk masukan dalam pembuatan standardisasi (norma) WAIS-IV-ID ini. Pengujian statistik dilakukan dengan analisis ANOVA untuk 15 sub tes, empat indeks, dan Full-Scaled Intelligence Quotient (FSIQ) dari WAIS-IV-ID dan melibatkan 506 partisipan dari populasi normal, dengan mayoritas berjenis kelamin perempuan, usia produktif 16-59, dan latar belakang pendidikan menengah. Hasil menunjukkan bahwa tiga indeks dan 13 subtes memiliki perbedaan yang signifikan dan sampel yang berasal dari Pulau Jawa memiliki skor signifikan lebih tinggi bila dibandingkan sampel dari Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, data normatif perlu diklasifikasikan berbeda antar pulau atau antara Pulau Jawa dan Non-Pulau Jawa untuk interpretasi yang lebih akurat dariskor-skor WAIS-IV-ID. Rekomendasi lebih lanjut tersebut telah dibahas.

 

Kata kunci: WAIS-IV, profil kecerdasan, skala Wechsler, Indonesia.

 

Sumber:

Oktavianto, A., Ganjar, M.A., Halim, M. S, & Suwartono, C. (2016). The Study of Intelligence Profiles Between Islands: A Preliminary Study towards Norm Development. Anima Indonesian Psychological Journal, 32(1), 55 - 64.

 

Link: http://www.anima.ubaya.ac.id/index.php?menu=articles&eid=1503219745&actsub=yes&eidsub=1503219980