ASK
ME

REGISTER
NOW

Profil dan Kerja Guru Pembimbing di Sekolah Dalam Lingkup MPK KAJ

07/04/2005 00:00:00
Penulis/Peneliti : Dr. Laura F. N. Sudarnoto

 

Bidang Penelitian : Bimbingan dan Konseling

 

Jurnal : Jurnal Ilmiah Psiko-Edukasi

 

Volume : 3 N0. 1

 

Tahun : Mei 2005

 

Usaha untuk mencapai standardisasi profesi Bimbingan dan Konseling di Indonesia telah dilakukan dan terus akan direalisasikan. Untuk memperoleh gambaran tentang profil dan kondisi kerja guru pembimbing, khususnya di sekolah dalam lingkup Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Jakarta (MPK KAJ) dilakukan penelitian terhadap 68 guru pembimbing. Kondisi internal guru pembimbing yang ditelusuri adalah komitmen karir (orientasi karir, komitmen jabatan, komitmen profesional). Kondisi eksternal guru pembimbing ditelusuri dari imbalan jasa (kepuasan ekternal dan internal) dan iklim kerja (struktur tugas, kebijakan sekolah dan hubungan kerja) Hasil penelitian menunjukan ratio satu guru pembimbing dengan jumlah siswa lebih dari 150 dialami oleh 87% guru pembimbing. Berdasarkan analisis korelatif diketahui adanya persepsi yang positif terhadap imbalan jasa mendukung komitmen karir guru pembimbing. Iklim kerja yang menyenangkan mendukung terciptanya komitmen karir guru pembimbing. Imbalan jasa dan iklim kerja bersama-sama diperlukan sebagai pendukung komitmen karir guru pembimbing di sekolah. Berdasarkan analisis komparatif diketahui tidak ada perbedaan komitmen karir berdasarkan latar belakang dan lama kerja guru pembimbing.