ASK
ME

REGISTER
NOW

Prof. Dr. Ir. Mm. Lanny W. Pandjaitan Guru Besar Tetap Fakultas Teknik UAJ

11/20/2008 00:00:00

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta menyelenggarakan acara pengukuhan Prof. Dr. Ir. MM. Lanny W. Pandjaitan sebagai Guru Besar tetap Fakultas Teknik Unika Atma Jaya, dengan judul orasi ilmiah ”Mencermati Urgensi Kebutuhan Energi Listrik dan Pangan Nasional: Model Prediksi Berbasis Kecerdasan Komputasional dalam Tantangan dan Peluang”, pada hari Senin, 24 November 2008, pukul 10.00-12:00 WIB bertempat di Gedung Yustinus Lantai 14, Kampus Unika Atma Jaya, Semanggi, Jakarta

 

Profesor Doktor Insinyur Maria Margaretha Lanny Widyastuti Pandjaitan boru Sibarani, lahir di Kudus, 2 Februari 1947. Menempuh studi sarjana di ITB, Bandung dan meraih gelar Insinyur pada tahun 1973, dengan penelitian "Penggunaan IC (Integrated Circuit) Penguat Operasional dalam Rangkaian Dasar".

Pernah bekerja sebagai Quality Control Manager, Development Manager, Manager Pabrik, Bussiness Plant Manager, di PT Terang Kita pada tahun 1973 hingga 1983, kemudian menduduki posisi Quality Control Manager di PT IKI Kabel sekitar 4 tahun sebelum akhirnya pada tahun 1987 menjadi dosen tetap  Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Unika Atma Jaya.

 

Mendapatkan kesempatan studi lanjut dan diterima di Shiefield University Inggris, dan ITB dalam bidang Microelectronics, Prof. Lanny kemudian lebih memilih sebagai PTB di Bandung, meraih gelar Magister Teknik di ITB pada tahun 1994 dengan thesis "Pengendalian Adaptif dengan Jaringan Syaraf Tiruan Propagasi Balik pada Model Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)". Prof. Lanny memperoleh kesempatan melanjutkan ke jenjang S-3 yang dipromotori oleh Alm Prof. Kudrat Sumintapura, Prof Adang Suwandi, dan Dr. Harry Sosrohadisewojo, meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Pengetahuan Teknik di ITB tahun 2000, dengan  disertasi "Pengembangan Metode Pemodelan Pola Tingkah Laku berbasis Jaringan Syaraf Tiruan Propagasi Balik dengan Bobot Awal Deterministik untuk Sistem-Sistem Dinamik".

 

Selama berkarya di industri hampir 14 tahun, Prof. Lanny menjadi anggota Komisi Standardisasi Industri Kabel Listrik dan Telekomunikasi Departemen Perindustrian yang aktif menyusun Standar Industri Indonesia untuk Kabel Listrik dan Telekomunikasi untuk digunakan sebagai Standar Nasional sampai saat ini.

 

Saat ini Prof. Lanny juga aktif sebagai anggota organisasi profesional IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers), Forum Komunikasi Teknik Elektro serta dipercaya sebagai Asesor Program Studi Teknik Elektro, Asesor Akreditasi Institusi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), serta Asesor Sertifikasi Dosen Ilmu Pengetahuan Teknik pada PTP Serdos. Selama di Unika Atma Jaya pernah menjabat sebagai Kepala Laboratorium Elektronika Jurusan Teknik Elektro pada tahun 1989-1992, lalu Pembantu Dekan I Fakultas Teknik tahun 2003-2004. Diangkat menjadi Dekan Fakultas Teknik pada tahun 2004 hingga tahun 2008. Saat ini ditunjuk sebagai Direktur Eksekutif Kantor Yayasan Atma Jaya.

 

(Updated by ray/ft-11/08)