ASK
ME

REGISTER
NOW

Prestasi Dosen-Dosen Fakultas Teknobiologi Pada Awal Tahun

3/23/2009 12:00:00 AM

Pada awal tahun 2009 ini, sejumlah dosen Fakultas Teknobiologi (FTb) telah mengukir prestasi dengan memenangi sejumlah kegiatan kompetitif akademik. Dr. Diana Elizabeth Waturangi, M.Si. terpilih sebagai dosen penerima "APTIK Award 2009" Peringkat II dan mendapatkan hibah penelitian dari International Foundation for Science. Sementara itu, lima orang dosen FTb, yaitu Dr. Tresnawati Purwadaria, Ir. Agustin W. Gunawan, M.S., Yogiara, M.Si., Tan Watumesa Agustina, S.Si., dan Prof. Dr. Ir. Antonius Suwanto, M.Sc., berhasil menjadi pemenang "Atma Jaya Award 2008" kategori Eksakta. Selain itu, Listya Utami Karmawan, M.Si. berhasil memenangi "Hayati Award" dari Hayati Journal of Biosciences.


Ibu Diana E. Waturangi terpilih sebagai Penerima "APTIK Award 2009" Peringkat II berdasarkan keputusan Tim Penilai dari Badan Pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK). Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka memperingati 25 tahun APTIK untuk memberi pengakuan atas prestasi yang dicapai oleh Dosen/Sekolah Tinggi di lingkungan APTIK. Selain Ibu Diana, dua orang dosen lain mendapatkan penghargaan serupa untuk peringkat I dan peringkat III yang diserahkan pada Rapat Umum Anggota APTIK ke-26 di Kampus III Universitas Sanata Dharma Paingan, Depok Sleman, Yogyakarta 2 Maret 2009 yang lalu. Sebelumnya, Ibu Diana juga telah berhasil mendapatkan hibah penelitian sebesar USD12,000 dari International Foundation for Science (IFS) untuk penelitiannya yang berjudul "Prevalence and level of Vibrio cholerae in ice used by street vendors in Jakarta, Indonesia".


Selain penghargaan yang diterima Ibu Diana dari APTIK, lima orang dosen FTb lainnya berhasil mendapatkan "Atma Jaya Award 2008" dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unika Atma Jaya. Semua pemenang kategori Eksakta ditempati oleh dosen FTb, yaitu Ibu Tresnawati Purwadaria dan Ibu Agustin W. Gunawan sebagai Juara I kelompok Senior, Bapak Yogiara sebagai Juara I kelompok Junior, dan Ibu Tan Watumesa Agustina (bersama dengan Bapak Yogiara dan Bapak Antonius Suwanto) sebagai Juara II kelompok Junior. Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi kepada staf akademik Unika Atma Jaya yang telah menyelesaikan penelitian pada tahun 2008 berdasarkan presentasi pada Seminar Hasil Penelitian Atma Jaya Award 2008 pada tanggal 27 Februari 2009. Pada kesempatan itu, Ibu Tresnawati membawakan hasil penelitian Beliau bersama dengan Ibu Agustin yang berjudul "The Production of Nata Colored by Monascus purpures Pigment as Functional Food", sementara Bapak Yogiara membawakan hasil penelitian Beliau yang berjudul "Analisis Komunitas Bakteri Simbion Spons Menggunakan Teknik Amplified Ribosomal DNA Restriction Analysis", dan Ibu Watumesa membawakan hasil penelitian bersama dengan Bapak Yogiara dan Bapak Antonius yang berjudul "Culture-Dependent and Culture-Independent Methods in Determining Spoilage-Causing Bacteria in Nata de Coco Experiencing Discoloration and off-Flavor".


Sementara itu, salah seorang dosen baru FTb, Ibu Listya Utami Karmawan, berhasil menjadi pemenang "Hayati Award" sebagai rangking 1. Penghargaan makalah ilmiah terbaik ini diberikan oleh Hayati Journal of Biosciences, salah satu jurnal biosains terkemuka di Indonesia, atas naskah makalah ilmiah hasil penelitian Ibu Listya sewaktu menempuh studi S2 di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung (ITB) sebelum bergabung ke FTb. Naskah yang ditulis bersama dengan Sony Suhandono dan Fenny M. Dwivany dari ITB tersebut berjudul "Isolation of MA-ACS gene family and expression study of MA-ACSI gene in Musa acuminata (AAA Group) cultivar Pisang Ambon Lumut".