ASK
ME

REGISTER
NOW

Podcast Agen Perubahan

10/18/2022 12:00:00 AM


Podcast Agen Perubahan merupakan program pemberdayaan masyarakat yang merekam potensi inisiatif lokal Kecamatan Borobudur, Magelang Jawa Tengah, dan Desa Ngargosari Samigaluh Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 15 s.d. 17 Oktober 2022.

Kegiatan ini mengangkat ide-ide genuine lokalitas di wilayah Kecamatan Borobudur seperti kampung homestay, di  Dusun Ngaran II, pengelolaan sampah skala rumah tangga  yang disinergikan dengan pembuatan Kompos oleh ibu-ibu,  proses ecoprint, serta perintisan gubug tegalan di Ngadiharjo yang menambahkan kesadaran kritis kelompok anak-anak mengaji dengan kesadaran tanggungjawab kelestarian lingkungan. Sementara di daerah Samigaluh mengulik komunitas atau kelompok Cagar Urip dengan berbagai kegiatannya. Dari berbagai aktivitas rutin komunitas Cagar Urip salah satu yang diangkat adalah proses pembuatan sari buah maja. Hasil podcast nantinya akan diunggah di YouTube PPM Unika Atma Jaya, sehingga bernilai dokumentatif sekaligus juga bermakna publisitas.


Dengan harapan dapat memperkuat komunitas-komunitas tersebut di masyarakat, kegiatan-kegiatan tersebut semakin bermakna bagi para pelakunya, semakin bermanfaat bagi lingkungannya, serta memberikan inspirasi bagi warga lain atau masyarakat umum.

Tim pelaksana kegiatan pemberdayaan masyarakat ini melibatkan Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM),  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Inovasi Teknologi Pembelajaran (ITP) yang diketuai oleh Sri Hapsari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan anggota H. Y. Sutarno,  Yunti Wibowo, :  Laban Eka Jaya (PPM), Margaretha Dwi Susanti (ITP), Veronica Tjhintia (alumnus FIABIKOM).


   
   
(Pusat Pemberdayaan Masyarakat / PPM)