ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan dan Pendampingan bagi Guru SDN di Kecamatan Cisauk

10/29/2018 12:00:00 AM

Banyak guru mengeluh kurangnya kesempatan mengembangkan kompetensi profesional. Sampai-sampai guru tidak mampu mengurus kenaikan golongan karena ketidakmampuannya memenuhi kriteria yang ada. Salah satu kriteria yang wajib dipenuhi guru untuk mengurus kenaikan golongan adalah menulis artikel ilmiah. 

 

Artikel ilmiah dapat ditulis melalui penelitian terlebih dahulu, dan penelitian dengan mudah dapat dilakukan di  kelas yang diampu guru itu sendiri dengan cara mengindentifikasikan masalah yang terjadi di kelas, baik terkait materi ajar, metode pengajaran, maupun motivasi belajar siswa. Dari masalah itu, guru mencoba mengatasinya. Hasil amatan itulah yang  dituliskan dalam artikel ilmiah. Akan tetapi, hal itu tidaklah mudah dilakukan. Masalah itulah yang mengemuka dari guru-guru SDN di Kecamatan Cisauk, Tangerang, Jawa Barat.

 

Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, telah diselenggarakan pelatihan tindakan kelas dan penulisan ilmiah bagi guru-guru di tiga SDN di Kecamatan Cisauk, yaitu SDN Kedokan, SDN Cibogo, dan SDN Mekar Wangi. Fasilitator pelatihan adalah Ibu Clara Ika Budhayanti dari PGSD-Fakultas Pendidikan dan Bahasa dan Sri Hapsari Wijayanti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya. Pelatihan, yang diadakan pada September 2018 ini, diselenggarakan  dalam rangka pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) monotahun hibah Kementerian Ristek DIKTI tahun anggaran 2018.

 

Sebanyak 23 guru dilatih secara intensif dalam pelatihan setiap hari Sabtu selama enam jam. Setelah pelatihan, kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan selama Oktober 2018. Monitoring dan evaluasi oleh DIKTI sudah dilaksanakan pada 25 Oktober 2019 di Universitas Trisakti, Jakarta. Program pengabdian kepada masyarakat ini akan diakhiri dengan Seminar Hasil Penelitian yang diadakan di SDN Cibogo pada 5 November 2018. Diharapkan dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, guru dapat mengembangkan profesionalitasnya dan termotivasi untuk berkarya.  (SHW)