ASK
ME

REGISTER
NOW

Pesta Laut Nelayan Tanjung Pasir

1/19/2016 12:00:00 AM

   

Senin, 18 Januari 2016, Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bersama dengan dosen-dosen  Fiabikom (Bapak Rachmadi, Ibu Pradewi, Ibu Titis P) dan dosen-dosen  FPB Prodi PGSD (ibu Indri, Ibu Pricilla A) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Lomba Memasak Istri Nelayan Tanjung Pasir. Lomba memasak ini merupakan salah satu rangkaian dari acara pesta laut nelayan atau cera laut atau disebut juga Nadran. Semula direncanakan juga lomba cerdas cermat untuk anak-anak nelayan, namun karena satu dan lain hal untuk tahun ini panitia membatalkan acara tersebut.

   

Pada acara pesta laut hadir Bupati Kabupaten Tangerang, Camat, Danramil, Kapolsek Teluk Naga, Kepala Desa Tanjung Pasir, Salah satu Anggota DPRD Kabupaten Tangerang, beberapa Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat Desa Tanjung Pasir.

   

Pesta laut nelayan dimulai dengan arak-arakan puluhan kapal motor dan perahu nelayan serta melepas kepala kerbau ke tengah laut. Setelah itu dilanjutkan dengan lomba memasak yang dilaksanakan di tempat pelelangan ikan Tanjung Pasir. Hasil lomba memasak diputuskan sebagai juara, yaitu; juara I Kelompok Pelangi dengan nilai 1315, juara II Kelompok Awan  dengan nilai 1230, juara III Kelompok Bulan dengan nilai 1217, dan juara Harapan I Kelompok Bintang dengan nilai 1146.

   

(Laban Eka Jaya/PPM)