ASK
ME

REGISTER
NOW

Peresmian Perpustakaan Yayasan At Taqwa 27 Babelan Bekasi

5/2/2012 12:00:00 AM


Salah satu fondasi untuk mencerdaskan bangsa adalah membangkitkan budaya baca sejak dini. Hal itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan kaum akademisi juga ikut berperan. Pusat Pemberdayaan Masayarakat (PPM) Unika Atma Jaya menetapkan segala kegiatan pengabdian kepada masyarakat mulai tahun 2011 diarahkan untuk merealisasikan program “Masyarakat Cerdas, Sehat, dan Sejahtera”. Khusus program masyarakat cerdas telah diterapkan di lingkungan masyarakat Tanjung Air, khususnya Yayasan At Taqwa 27, dengan menggalakkan  minat baca melalui pengadaan perpustakaan.

 

Sejak Oktober 2011, tim pengabdian kepada masyarakat UAJ, yang terdiri atas staf dosen dari Fakultas Ekonomi (FE), staf perpustakaan, dan staf PPM, bekerja sama dengan pihak At Taqwa 27 mendesain pengadaan perpustakaan dengan memanfaatkan ruang seluas 6 m x 7 m yang berada di lingkungan sekolah. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini menggandeng beberapa penerbit dan lembaga pendidikan di Jakarta dan Bandung untuk berperan membantu pengadaan buku-buku dan majalah-majalah.

 

Selagi pembangunan fisik perpustakaan dipersiapkan, tim juga menyelenggarakan pelatihan pengelolaan perpustakaan bagi guru dan siswa. Sebanyak 9 guru dan 17 siswa terlibat dalam pelatihan yang diadakan pada 19 dan 26 November 2011 lalu. Untuk mengasah kreativitas dan membangkitkan gemar membaca, telah diadakan aneka lomba bagi siswa dan guru. Kegiatan yang dilombakan adalah lomba menciptakan slogan perpustakaan bagi guru TK-SMK, lomba mading bagi siswa SMK, lomba meringkas bacaan, yang berasal dari buku-buku di perpustakaan, bagi siswa MTs, lomba menggambar dan mewarnai bagi siswa MI kelas 1,2,3, lomba pidato bagi siswa MI kelas 4,5,6, dan lomba mewarnai bagi siswa TK.

 

 

Puncak kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditandai dengan peresmian Perpustakaan At Taqwa 27 Senin (12/12/2011, yang dihadiri segenap tim pelaksana kegiatan, koordinator perpustakaan UAJ, utusan LPPM, dan staf PPM, sedangkan dari Yayasan At Taqwa 27 dihadiri oleh Ketua Yayasan, kepala sekolah TK-SMK, guru TK—SMK, Ketua ALU (Aliansi Lintas Utara), serta tokoh-tokoh masyarakat Tanjung Air. Hadir pula Marketing Manager PT RajaGrafindo Persada dan Manajer Perpustakaan LIA (Lembaga Indonesia Amerika). Acara peresmian dimeriahkan dengan kasidahan, marawis, dan hadrol oleh siswa-siswi At Taqwa 27.

 

Perpustakaan Yayasan At Taqwa 27 kini telah berdiri dengan koleksinya berupa buku pelajaran mulai dari TK hingga SMK. Berbagai buku yang tersedia meliputi buku pengetahuan umum, komik, majalah, dan Koran. Semua pusataka yang ada sengaja disiapkan untuk mendukung pendidikan serta sarana hiburan. Total buku yang ada hingga berita ini ditulis sekitar 683 koleksi.

 

(Laban Eka Jaya/PPM & Sri Hapsari/F.E)