ASK
ME

REGISTER
NOW

Perbandingan Kinerja Protokol Transport pada Jaringan MPLS dan Non MPLS

10/17/2006 00:00:00
Penulis/Peneliti : Eko Setijadi & Adya Pramudita

 

Bidang Penelitian : Jaringan Komputer/Computer Network

 

Jurnal : Elektra

 

Volume : Vol. 3 No. 1

 

Tahun : 2006

 

Jaringan TCP /IP sudah digunakan secara luas di dunia jaringan Internet dan telah dikenalkan paradigma baru dalam pengiriman paket dan routing yang disebut dengan Multiprotocol Label Switching (MPLS). MPLS merupakan teknologi jaringan menggunakan shim label sebagai basis packet forwarding dan routingnya. Untuk mempelajari karakteristik dan aspek-aspek pengembangan teknologi ini lebih jauh diperlukan media dalam bentuk miniatur yang relatif dapat mewakili bentuk realnya.
Pada Penelitian ini Miniatur Jaringan MPLS dirancang dan dibangun di Laboratorium. Miniatur jaringan ini dibangun dengan mengfungsikan PC sebagai router MPLS. Untuk mendapatkan karakteristik dari jaringan yang telah dibuat dilakukan pengujian dengan menggunakan paket-paket dari protokol ICMP, UDP dan TCP. Dua protokol yang terakhir merupakan protokol transport yang sering di pakai di dunia Internet. Parameter yang diamati adalah lamanya waktu transmisi dan throughput dari masing protokol.
Dari hasil pengujian didapatkan bahwa secara umum Jaringan MPLS dapat memperbaiki kinerja jaringan non MPLS yang dalam hal ini adalah jaringan yang berbasis TCP/IP. Hal penting yang ditemukan bahwa Miniatur jaringan ini menunjukan kinerja yang bagus pada paket-paket yang berukuran panjang paket kurang dari atau sama dengan 1500 byte.