ASK
ME

REGISTER
NOW

Penyuluhan Menabung Aska

8/6/2018 12:00:00 AM

   

Kamis, 2 Agustus 2018, Mahasiswa Unika Atma Jaya bersama dengan Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) berkunjung ke RPTRA Puspita Pesanggrahan Jakarta Selatan. Kunjungan ini adalah penyuluhan ASKA (Asosiasi Simpan Pinjam untuk Kesejahteraan Anak) untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Berdasarkan data dari Bank Dunia 2010 yang di-share oleh kepala biro humas Bank Indonesia Difi A Johansyah kepada okezone, senin 24 Januari 2011, presentase simpanan masyarakat terhadap produk domestic bruto (PDB) hanya sebesar 36,9 persen dengan jumlah rekening simpanan per 1.000 orang dewasa mencapai 504,7 rekening. Dari data tersebut minat masyarakat dalam menabung, baik di bank maupun di simpan pinjam masih sangat rendah dibandingkan dengan Negara tetangga kita Malaysia yang memiliki presentasenya bisa mencapai 105,5 persen dengan jumlah rekening per 1.000 orang dewasa mencapai 2.063,3 rekening.


Untuk itulah PPM Unika Atma Jaya ungin mengajal masyarakat dalam meningkatkan kesadaran menabung  bisa dengan apa saja, dari mana saja, dan kapan saja. Dengan hal kecil bisa meningkatkan pentingnya menabung untuk meningkatkan kebutuhan masyarakat. ASKA hadir untuk membantu masyarakat disiplin menabung. Mahasiswa memberikan informasi bagaimana menabung dengan saham dan dengan cara yang mudah serta untung yang lebih banyak. Hasi dari penyuluhan tersebut sudah terbentuk 1 kelompok ASKA di RPTRA Puspita Pesanggrahan dengan jumlah anggota 15 orang. Masyarakat kini mulai antusias untuk menabung, dan mereka sudah menjalankan pertemuan menabung ASKA sebanyak 2 kali, yaitu pada hari Selasa 7 Agustus 2018.


Pertemuan tersebut, sangatlah kooperatif, Mahasiswa Unika Atma Jaya mendampingi untuk berjalannya menabung di ASKA. Sehingga masyarakat bisa mandiriuntuk mengembangkan menabung serta mendisiplinkan dalam menabung. Dari memulai kebiasaan menabung inilah diharapkan masyarakat bisa memahami untuk menyisihkan uang mereka yang dapat digunakan dimasa depan dan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Bahkan bisa meningkatkan potensi usaha yang dimiliki atau mebuka usaha baru. Dari menabung ASKA dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
#ayomenabung#aska#ppmunikaatmajaya#banggaatmajaya#sahabataatmajaya#kampusfavoritjakarta#ppmatmajaya#ppmuaj#2018

 (PPM Unika Atma Jaya)