ASK
ME

REGISTER
NOW

Pentingnya Budaya Hidup yang Peduli Lingkungan dengan Memanfaatkan Lahan Terbatas untuk Bertanam-tanaman Obat dan Bumbu pada Masyarakat Di Desa Cibogo dan Sampora Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang Selatan

1/28/2014 12:00:00 AM


Pelaksanaan pengabdian masyarakat lintas fakultas "Pentingnya Budaya Hidup yang Peduli Lingkungan dengan Memanfaatkan Lahan Terbatas untuk Bertanam-tanaman Obat dan Bumbu pada Masyarakat Di Desa Cibogo dan Sampora Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang Selatan" dilaksanakan di 2 sekolah yaitu di SDN Kedokan pada 23 November 2013 dan di SDN Sampora 1 pada 29 November 2013 dengan tim pengabdian masyarakat; Dr. Heru Prasadja., M.Si, Drs. Suharsono., M.Si, Dr. Dhevy Setya Wibawa., M.Si, Dr. Weny Savitri., M.Si, Drs. Herry Pramono., M.Si., Sri Hapsari, S.S., M.Hum, Herman Yosep Sutarno, S.Pd, Laban Eka Jaya, Isniono Syabani, Hardono, dan 2 mahasiswa Fransiscus Ferdy (2012-012-287), Shierly (2012-012-259).


23 November 2013, SD Negeri Kedokan Cisauk

Kegiatan di SD Negeri Kedokan Cisauk dibuka oleh perwakilan guru bapak Abas Sunardi, ibu Kepala sekolah SDN Kedokan tidak dapat membuka kegiatan karena datang terlambat ada rapat di kantor Dikdas UPT Kecamatan Cisauk. Acara selanjutnya diteruskan dengan sambutan dari Unika Atma Jaya yang disampaikan oleh bapak Heru Prasadja sebagai ketua tim pengabdian masyarakat.

Peserta kegiatan terdiri dari 50 orang siswa-siswi perwakilan dari kelas 4, 5, dan 6. Peserta dikumpulkan di kelas untuk mendapatkan materi “Peduli lingkungan dengan menanam Tanaman Obat dan Bumbu” yang disampaikan oleh Ibu Weny Savitri dari Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya dan bapak H.Y. Sutarno dari LPPM.


Sebelum  penyampaian materi, peserta diminta menuliskan harapan, kekuatiran, dan kesepakatan agar kegiatan dapat berjalan lancar. Saat dikelas juga diputar film tentang menanam tanam-tanaman. Kegiatan ini lebih banyak praktek langsung di luar kelas seperti mencampur media tanam dengan pupuk kandang kemudian secara berkelompok menanam jahe dan kunyit di pot.


29 November 2013, SD Negeri Sampora 1 Cisauk

Kegiatan di SD Negeri Sampora 1 Cisauk dibuka oleh Kepala sekolah Ibu Etik Kurniati kemudian diteruskan sambutan oleh Kepala PPM bapak Suharsono. Jumlah peserta, materi dan metode yang disampaikan sama dengan saat pelaksanaan kegiatan di SD Negeri Kedokan Cisauk. Kegiatan  di SD Negeri Sampora 1 Cisauk difasilitasi oleh ibu Dhevy Setya Wibawa dari Fakultas Psikologi, H.Y. Sutarno dari LPPM, Herry Pramono, dan Sri Hapsari dari Fakultas Ekonomi.


Pada kegiatan di 2 sekolah ini tidak hanya menanam jahe dan kunyit, tetapi juga menanam pohon sawo, pohon mangga, dan pohon kedondong untuk penghijauan di pekarangan sekolah.

(Laban Eka Jaya/PPM)