ASK
ME

REGISTER
NOW

Pengabdian Masyarakat FT UAJ: Penyerahan Alat untuk Sentra Industri Abon Lele dan Penyampaian Program Teknis Pendampingan UMKM Desa Sampora

08/31/2021 00:00:00

 

Tgl 31 Agustus 2021, jam 10.00-11.00 di kampus BSD Unika Atma Jaya, Tim Pengabdian Masyarakat  (Pengmas) FT UAJ mengadakan acara penyerahan alat kepada Mitra Desa Sampora. Adapun acaranya adalah penyerahan alat Sentra Industri Abon Lele, dan penyampaian program teknis pendampingan UMKM desa Sampora.

 

Implementasi program Pengmas FT UAJ di desa binaan Sampora sudah berjalan hampir 3 tahun sejak 2018, dan kelanjutan program-program yg sudah dilaksanakan dengan melakukan pendampingan UMKM yg berorientasi pemberdayaan ekonomi keluarga seperti pendampingan hidroponik dan pemasaran sayuran secara digital (desa Nagrek). Untuk Kampung Baru kegiatannya seperti budidaya lele, pendirian warung bakmi bangka (rencana di semester ganjil 2021/2022 bisa dimulai dgn cara Sistem Pre Order dgn alasan pandemi covid 19 dan peralatan sdh lengkap), terbentuknya sentra industri pangan berbahan baku lele yg sdh diajarkan cara produksinya, cara pengemasannya dan akan dilanjutkan pendampingan cara promosi dan penjualan secara digital.

 

 Penjelasan Bu Linda dan  Bu Kumala mengenai cara penggunaan alat pembuat dan pengolah abon lele

 

Rencana kegiatan di akhir bulan Agustus ini adalah pendampingan biokonversi sampah organik melalui budidaya maggot sebagai alternatif penanggulangan sampah organik yg efektif. Program terakhir ini terkait dengan hibah PKKM yg diperoleh prodi Teknik Industri dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Selain itu, program biokonversi sampah organik juga didukung dinas pemuda dan olah raga Tangerang dalam bentuk sumbangan mesin pencacah limbah sayuran dan mesin tersebut sdh diterima bumdes tapi belum digunakan. Dan yg paling terpenting disini bahwa pengolahan limbah organik dgn budidaya maggot selaras dengan program pemda Tangerang dalam menanggulangi sampah yg terus bertambah seiring dengan pertambahan penduduk di kab. Tangerang.

 

Turut hadir dalam acara ini Dekan FT UAJ Pak Ronald, Tim Pengmas FT UAJ: Pak Wibawa, Bu Christine (Teknik Industri), Bu Linda, Bu Kumala, Pak Budi, Bu Melisa (Prodi Teknik Elektro), Pak Anton (Teknik Mesin), mahasiswa prodi TI dan TE. 

 

Pihak Desa Sampora yang hadir: Pak Zahroni (Ka Kesra Desa Sampora) mewakili Kades, Pak Furkon (BUMDes), Bu Aisyah, Bu Solehah, Bu Nurhayati, Babinkamtibmas (PAk Amas Sutiana) dan Pak Ahmad Zaenuri.