ASK
ME

REGISTER
NOW

Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik Cair dan Aplikasinya pada Tanaman Sayur di SDN Mekarwangi, Cisauk, Tangerang

8/8/2018 12:00:00 AM

   

Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bersama dengan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FE), dan Fakultas Bioteknologi (FTB) Unika Atma Jaya melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik Cair dan Aplikasinya pada Tanaman Sayur di SDN Mekarwangi Cisauk, Tangerang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 2 kali pertemuan dengan peserta para guru dan siswa SDN Mekarwangi, Cisauk.

   

Pertemuan pertama dilaksanakan tanggal 25 Juli 2018. Sebagai fasilitator Dr. Freddy Wangke (Dosen FE), Harjadi Gunawan, S.T., M.Eng. (Dosen FT), dan Dr. Tati Barus, M.Si., dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Jeanne M. Paulus, MS (Dosen Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado). Para guru dan siswa melakukan praktek pembuatan pupuk organik cair dengan memanfatkan limbah rumah tangga seperti sisa sayur-sayuran.

   

Pertemuan kedua dilaksanakan tanggal 6 Agustus 2018. Pada pertemuan kedua ini, para guru dan siswa SDN Mekarwangi, Cisauk menggaplikasikan pupuk organik cair pada tanaman sayuran kangkung yang ada di pekarangan sekolah dengan cara menyemprotkannya secara merata. Keberhasilan proses permentasi pupuk organik cair yang dibuat oleh para guru dan siswa pupuk  ini ditandai dengan adanya bercak-bercak putih pada permukaan cairan (berwarna kuning kecoklatan) dengan aroma yang menyengat.


(Laban Eka Jaya / PPM)