ASK
ME

REGISTER
NOW

"Pengajaran Karakter Respek dan Bahasa Inggris Dasar" di Bimbel Sahabat Anak di Pejambon Jakarta Pusat

5/20/2014 12:00:00 AM

   

 

Prodi dan HMJ Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi dan HMJ Bimbingan dan Konseling dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  dan Bagian Psikologi Pendidikan dari Fakultas Psikologi dan Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Unika Atma Jaya mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat  “Pengajaran Karakter Respek Dan Bahasa Inggris Dasar” di bimbel Sahabat Anak di Pejambon Jakarta Pusat.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada 23 April 2014 s/d 1 Juni 2014 di Balai Warga Pejambon setiap hari Minggu pukul 15.00 s/d 17.00 dengan peserta 40 anak-anak sekolah dasar kelas 1 s/d kelas 4. Berdasarkan latar belakang keluarganya, anak-anak di Sahabat Anak di Pejambon dikelompokkan menjadi dua kategori ; anak-anak marjinal (anak-anak yang tinggal dengan orang tua di Daerah Pejambon) dan anak-anak jalanan dari daerah Monas dan Gambir.

 

   

 

Pengajaran Karakter Respek

Pengajaran karakter dalam kegiatan pengabdian masyarakat berfokus pada karakter respek. Karakter ini dipilih sebagai bentuk keprihatinan atas semakin maraknya kasus-kasus kekerasan yang dilakukan oleh anak dan remaja.

Metode yang digunakan dalam pengajaran karakter adalah kegiatan bimbingan kelompok dengan metode SLE (Student Learning Experience) yang bertujuan untuk mengaktifkan peserta. Metode SLE terdiri dari kegiatan Ice Breaking, dinamika kelompok (games, story telling), refleksi, dan tugas rumah.

Materi karakter respek dengan tema “Respek is beautiful” terdiri dari 7 sub tema yaitu ; tema I : Penghargaan = Hidup, tema II : Cermin Penghargaan, tema III : Nafas Penghargaan, tema IV : Kamu dan Saya Berharga, tema V : Berbeda tapi manis, tema VI : Aksi Penghargaan, tema VII : Kenyamanan milik bersama.



Pengajaran Bahasa Inggris Dasar

Pengajaran Bahasa Inggris Dasar dengan tema utama “Let’s Have Fun with English” bertujuan untuk membuat peserta termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris dan mau mencoba berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Materi yang diajarkan adalah beberapa kosa kata dasar yang berhubungan dengan anggota tubuh, kata sifat perasaan, warna, angka, kata kerja aktif, dan tempat. Sesuai dengan metode TPR (Total Physical Response) dan TBLT (Task-Based Language Teaching), materi yang diajarkan disampaikan dengan menggunakan lagu, gerakan, dan gambar, permainan, dan kegiatan-kegiatan dalam kelompok.

Materi Pengajaran Bahasa Inggris Dasar dengan materi ; pertemuan I : What is your name?, pertemuan II : This is my body?, pertemuan III : Yes, I am happy, pertemuan IV : I Love Red, pertemuan V : Let’s Count 123!, pertemuan VI : Let’s Jump, pertemuan VII : Let’s Go There, pertemuan VIII : Do You Remember?

   


Dalam pelaksanaan kegiatan, mahasiswa bertugas sebagai pengajar dilapangan, sedangkan para dosen bertugas untuk mengatur dan mengawasi jalannya kegiatan dan membantu mahasiswa dalam hal mengembangkan materi pengajaran baik untuk pendidikan karakter dan pengajaran Bahasa Inggris dan menyiapkan teknik mengajar.

Tim mahasiswa dibagi menjadi dua grup, masing-masing terdiri dari 10 orang. Masing-masing grup bertugas untuk mengajar sebanyak tiga kali pertemuan.