ASK
ME

REGISTER
NOW

Pengajaran Bahasa Inggris Sehari-hari Kepada Anggota POS TNI AL (POSAL) di Desa Pantai Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang Banten

1/28/2014 12:00:00 AM



Pengabdian Masyarakat "Pengajaran Bahasa Inggris Sehari-hari Kepada Anggota POS TNI AL (POSAL) di Desa Pantai Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang-Banten" diadakan di Rumah Pintar POS TNI AL Pantai Tanjung Pasir pada 19 Oktober 2013, 26 Oktober 2013, 2 November 2013, dan 9 November 2013 dengan tim pelaksana; Yassir Nasanius, Ph.D., Yanti, Ph.D., Astuti Kusumawicitra Laturiuw -Del Castillo, Ph.D., Katharina E. Sukamto, Ph.D., Lanny Hidajat, Ph.D., Caecillia Devy Kurniawati, Ph.D., Diajeng Indah (Mahasiswa PascaSarjana), Laban Eka Jaya, dan Isniono Syabani dari PPM.


Pertemuan kesatu (Sabtu, 19 Oktober 2013)

Pelatihan dimulai dengan memberikan pre-test kepada peserta yang sudah hadir, sebanyak 11 orang. Peserta dari anggota TNI AL di Posal di Tanjung Pasir tidak mengikuti pre-test karena baru dapat mengikuti pelatihan setelah makan siang.

Setelah mengerjakan pre-test, peserta yang sudah hadir dibagi menjadi dua grup agar pada saat belajar peserta bisa mendapat kesempatan berlatih bicara lebih banyak. Materi yang diajarkan pada pelatihan pertama adalah angka dan beberapa kalimat yang sering diucapkan pada saat berkenalan, yaitu nama, alamat, tanggal lahir, dan hobi.

Setelah makan siang, 11 peserta yang sudah mengikuti kegiatan belajar sebelum makan siang bergabung menjadi satu grup dan diberikan latihan dalam bentuk language games. Sedangkan para peserta dari anggota TNI AL di Posal di Tanjung Pasir yang baru bergabung setelah makan siang mendapat pelatihan dengan materi yang sama dengan peserta yang lainnya.

Pertemuan kesatu ditutup dengan acara pembukaan kegiatan pelatihan. Pembukaan kegiatan baru dilaksanakan di akhir pertemuan karena menunggu kehadiran peserta dari anggota TNI AL. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Bapak Suharsono, M.Si., ketua PPM UNIKA Atma Jaya, dan Bapak Iwan Haryadi, Komandan TNI AL POSAL Desa Tanjung Pasir.


Pertemuan kedua (Sabtu, 26 Oktober 2013)

Karena sebagian peserta pada pelatihan kedua tidak ikut pelatihan kesatu, maka materi yang diberikan pada pelatihan kedua sama dengan pelatihan kesatu, yaitu cara berkenalan, tetapi pada pelatihan kedua peserta diberi waktu untuk berlatih bicara lebih banyak. Selain itu, materi juga ditambah dengan memperkenalkan nama-nama beberapa makanan dalam Bahasa Inggris. Materi pelajaran untuk peserta anak-anak adalah nama-nama buah, hewan, dan sayur.



Pertemuan ketiga (Sabtu, 2 November 2013)

Dua dari peserta pada pelatihan ketiga adalah peserta baru, dua peserta yang lain tidak hadir pada pelatihan kedua. Karena itu materi yang diberikan pada pelatihan ketiga sama dengan pelatihan kedua dan kesatu, yaitu cara berkenalan. Fokus pelatihan adalah untuk membiasakan peserta berkenalan dalam Bahasa Inggris. Materi pelajaran untuk peserta anak-anak adalah berkenalan dan beberapa lagu dalam Bahasa Inggris.


Pertemuan keempat (Sabtu, 9 November 2013)

Pertemuan keempat dimulai dengan acara penutupan dengan kata sambutan dari Bapak Rory A.H. selaku wakil ketua LPPM, UNIKA Atma Jaya, Bapak Yassir Nasanius, selaku ketua kegiatan pelatihan, dan Bapak Budi Santoso dari TNI AL POSAL Desa Tanjung Pasir. Setelah penutupan, semua peserta diminta untuk memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Peserta juga diajari beberapa lagu dalam Bahasa Inggris (ABC song dan head, shoulder, knees, and toes) untuk diajarkan kepada anak-anak di daerah tersebut. Pada akhir pertemuan, peserta diminta untuk mengerjakan post-test dan mengisi form evaluasi untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan.


(Foto: Laban Eka Jaya/PPM)