ASK
ME

REGISTER
NOW

Pengabdian Masyarakat "Pemanfaatan Sampah Kemasan Plastik Berpotensi Ekonomis Di Desa Tanjung Pasir-Tangerang"

10/24/2014 12:00:00 AM

Masalah lingkungan dewasa ini mendapat perhatian besar. Bukan saja dalam hal bagaimana membina lingkungan, menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, melainkan juga bagaimana memanfaatkan limbah lingkungan dengan sebaik-baiknya. Konsep ramah lingkungan dalam hal ini menjadi ajakan yang patut didukung.

Salah satu bentuk ramah lingkungan adalah memanfaatkan limbah lingkungan dengan mendaur ulang sampah nonorganik. Bungkus plastik kemasan makanan dan minuman (kopi, chiki, gula, dan sebagainya), dapat dikreasikan menjadi barang yang bermanfaat, seperti tas, dompet, tempat tisu, kotak pensil, bungkus botol minuman, gantungan kunci, dan pigura foto, yang dapat digunakan sehari-hari. Dengan mengolah limbah sampah ini menjadi barang yang berguna, selain dapat menyalurkan ide dan kreativitas, dapat pula menjadi usaha rumah tangga (home industry) yang berpeluang menguntungkan secara ekonomis.

Menyadari besarnya peluang untuk membuka usaha kreasi daur ulang kemasan plastik, perlu dilakukan suatu kegiatan yang bermanfaat dalam jangka panjang di Tanjung Pasir, Tangerang. Tanjung Pasir  tergolong  daerah wisata yang ramai dikunjungi wisatawan asing ataupun domestik, khususnya pada Sabtu dan Minggu. Melalui Pantai Tanjung Pasir, wisatawan dapat menyeberang ke Kepulauan Seribu. Sebagai tempat wisata, sudah banyak warga yang menghidupi keluarganya dengan cara berberdagang makanan dan minuman di sepanjang pantai. Sebagai tempat wisata yang berpotensi ekonomi, perlu dirancang kegiatan untuk membekali warga di Tanjung Pasir dengan keterampilan daur ulang yang memanfaatkan bahan mentah bungkus plastik.  

Pelatihan Hari Ke-1

Pelatihan “Pemanfaatan sampah kemasan plastik berpotensi ekonomis” hari ke-1, dilaksanakan pada Selasa, 14 Oktober 2014. Pelatihan diikuti oleh 15 orang tutor Paket C yang diawali dengan pemaparan materi lingkungan dan pemanfaatannya yang disampaikan oleh dosen FE ibu Sri Hapsari Wijayanti, M.Hum serta dibantu oleh mahasiswa FTb Adrianus  Rio. Selanjutnya praktek pelatihan daur ulang yang dibimbing oleh bapak Memed Sukarto seorang guru SD Desa Tanjung Pasir.



   
Tim Pengabdian & Peserta Pelatihan hari ke-1                          "tas" dari kemasan plastik bekas

Pada pelatihan ini, para peserta diberikan tugas menyelesaikan kreasi tas dan tempat botol untuk diserahkan pada pelatihan hari ke-2.

Pelatihan Hari Ke-2


   
Pemaparan materi pelatihan hari ke-2                                     Peserta pelatihan hari ke-2

Pelatihan hari ke-2, dilaksanakan pada Rabu 22 Oktober 2014. Yang difasilitasi oleh ibu Titis Puspitarini (dosen FIABIKOM) dengan membawakan materi potensi hasil daur ulang dalam pengembangan wisata di Tanjung Pasir, dan ibu Gabriel Prananingrum (dosen FE) dengan materi teknik pemasaran sederhana. Kemudian pelatihan dilanjutkan dengan praktek yang dibimbing oleh bapak Memed untuk membuat model lainnya yang dibantu oleh Vivian mahasiswa FTb. Pelatihan ditutup dengan diskusi dan evaluasi yang di fasilitasi oleh dosen FE ibu Marsiana Lusiana Sitanggang.

   
Mahasiswa & Dosen UAJ                                                         Pak Memed & Pak Budi, sedang merangkai tas


(Laban Eka Jaya/PPM)