ASK
ME

REGISTER
NOW

Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik Di Kampung Ponggang Subang

8/11/2014 12:00:00 AM

            Prof. Wegie dan ibu Eni sedang berdialog dengan warga

Dalam rangka meningkatkan koordinasi kegiatan pengabdian masyarakat lintas Fakultas, pada hari Rabu, 6 Agustus 2014 Kepala PPM melakukan kunjungan ke lokasi pengabdian yang dilakukan oleh Fakultas Teknik di Kampung Ponggang, Wana Yasa Subang Jawa Barat.

            Pertemuan dengan warga, dan tokoh masyarakat setempat

Kunjungan ini dilakukan bersama dengan Tim Dosen Fakultas Teknik, Mahasiswa dan Staf.  Berangkat dari Atma Jaya pukul 08.00 menggunakan 2 kendaraan. Yang ikut antara lain ibu Eni sebagai komandan, ibu Wati, Hety, bapak Prof. Wegie Ruslan, Joko, Hotma, Santoso, dan Suharsono (PPM). Selain itu juga 1 orang mahasiswi dan 2 orang mahasiswa. Tenaga penunjang dari BPPS bapak Maman dan Diki.

            Warga menyiapkan makan siang

Dalam kunjungan ini diserahkan satu set mesin “giling tepung”. Menurut ibu Eny mesin ini antara lain dapat digunakan untuk membuat tepung pisang dan beras. Selain itu juga sudah dilakukan pembuatan “pompa air tepok” sebagai hasil karya tugas akhir mahasiswa. Pompa tepok ini berhasil menaikan air sejauh 30 meter.

            Tim FT dan "mesin giling tepung"

Masyarakat yang dipimpin oleh mang Ujang menyambut dengan sangat ramah dan tulus. Sebagai tindak lanjut kegiatan ini sedang dijajagi kemungkinan pembuatan pembangkit listri menggunakan kincir air. Selain itu juga kegiatan yang berkaitan dengan optimalisasi pengolahan hasil bumi masyarakat.  Disinilah pntingnya kerjasama antar Fakultas khususnya dalam hal penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka turut serta  meningkatkan mutu kehidupan masyarakat. Salam.

(Pusat Pemberdayaan Masyarakat)