ASK
ME

REGISTER
NOW

Pengabdian Masyarakat Di SDN Bendungan Cisauk - Tangerang

12/4/2014 12:00:00 AM

   
Kebun sekolah sebelum program                                            Kebun sekolah setelah program

PPM, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, dan Fiabikom, pada 1 Desember dan 2 Desember 2014 melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SDN Bendungan. Kegiatan pengabdian ini dalam bentuk penanaman beberapa jenis tanaman dan informasi tentang manfaatnya dengan tujuan; meningkatkan pengetahuan mengenai tanaman obat dan meningkatkan fungsi dan manfaat tanaman obat untuk kesehatan masyarakat, sekaligus juga sebagai tanaman hias, tanaman bumbu dan tanaman keras (buah).

   
Aktivitas di dalam kelas                                                         Aktivitas di luar kelas

Kegiatan hari ke-1 pada 1 Desember 2014, tim pengabdian (PPM; Laban Eka Jaya, Isniono, Dosen FE; Freddy Wangke dan Efendi) bersama dengan guru-guru SDN Bendungan melakukan persiapan lahan, pembuatan pagar bambu untuk kebun sekolah, mengecat pagar bambu dan menanam tanaman hias (pucuk merah, puring), tanaman buah (mangga, belimbing, dan sirsak), tanaman obat (sirih merah), dan tanaman bumbu (leilem, gedi).

   
Demo memasak                                                                    Makan bersama

Kegiatan hari ke-2 pada 2 Desember 2014, tim pengabdian  bersama dengan guru-guru dan juga siswa-siswi kelas IV dan kelas V melakukan kegiatan di dalam kelas dan juga di luar kelas. Kegiatan di dalam kelas difasilitasi oleh Ibu Dhevy/Dosen Fakultas Psikologi, Bapak Embu Henriquez/Dosen Fabikom, dan bapak Yanuar Nanok/Dosen FE . Selanjutnya kegiatan dilakukan di luar kelas dengan menanam tanaman bumbu (jahe merah dan kunyit) di pot.

Setelah selesai kegiatan bersama dengan siswa-siswi kelas IV dan kelas V, kegiatan selanjutnya demo memasak ayam rica-rica dan bubur Menado yang dimasak dengan daun leilem dan daun gedi bersama-sama dengan para guru yang difasilitasi oleh Helmy Londa dan Natalia Lumintang. Kegiatan ditutup dengan makan bersama hasil demo memasak.

   
Foto bersama siswa                                                               Foto bersama guru

(Laban Eka Jaya/PPM)