ASK
ME

REGISTER
NOW

"Pendidikan Karakter Kesetaraan Gender" di SMA Negeri 8 Jakarta Selatan

11/4/2015 12:00:00 AM


Tidak dapat dipungkiri ideology patriaki masih mengakar kuat di tengah masyarakat kita. Alhasil, ketidakadilan gender terjadi pada hampir semua aspek kehidupan. Untuk mengkikis ideology ini,  upaya sosialisasi nilai-nilai kesetaraan gender mesti  terus menerus dilakukan. Terkait dengan hal ini, Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bersama dengan dosen-dosen Fakultas Ekonomika Bisnis, dan fakultas psikologi mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan dengan tema “Pendidikan Karakter Kesetaraan Gender” yang diadakan di SMA Negeri 8 Jakarta Selatan.


Sebagai narasumber dan fasilitator pada kegiatan ini yaitu Sri Hapsari Wijayanti, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Ekonomika Bisnis), Drs. Syarief Darmoyo, M.Si. (Dosen Fakultas Ekonomika Bisnis). dan Maria Tri Warmiyati, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Psikologi). Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan peningkatan kesadaran siswa tentang relasi antara laki-laki dan perempuan yang  berkeadilan gender. Peserta pelatihan ini adalah siswa SMAN 8 kelas X yang berjumlah sekitar 100  orang. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada 23 dan 30 November 2015. Pelatihan ini  menggunakan metode dialog, diskusi kelompok dan pemutaran film mengenai kekerasan dalam pacaran (KDP).


Hasil evaluasi menunjukkan para siswa sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Selain materinya menarik, metode pelatihan juga tidak membosankan karena menuntut partisipasi aktif dari siswa. Menurut mereka, pelatihan ini sangat bermanfaat karena dapat memperluas wawasan mereka mengenai gender dan juga KDP. Salah seorang siswi mengungkapkan setelah melihat tayangan film KDP ia berniat untuk memutuskan hubungan dengan pacarnya.

 

(Foto : Laban Eka Jaya/PPM)