ASK
ME

REGISTER
NOW

Pendampingan Guru dalam Pembinaan Karakter Siswa Melalui Peduli Lingkungan Hijau dan Bercerita di Paud Asy-Syakira Desa Pantai Harapan Jaya, Bekasi

10/7/2015 12:00:00 AM

Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bekerjasama dengan dosen-dosen Fakultas Ekonomika Bisnis, Fakultas Pengajaran dan Bahasa, Fakultas Ekonomika Bisnis Prodi Hospitality, dan Fakultas Psikologi melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pendampingan guru dalam pembinaan karakter siswa melalui peduli lingkungan hijau dan bercerita di PAUD Asy-Syakira, Desa Pantai Harapan Jaya, Bekasi. Kegiatan dilakukan selam 3 kali pertemuan. Yaitu pada tanggal 8 September 2015, 17 September 2015. dan 5 Oktober 2015.

   

Pertemuan ke I tanggal 8 September 2015. Difasilitasi oleh Sri Hapsari Wijayanti, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis) dan Maria Tri Warmiyati, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Psikologi) dengan dibantu oleh 2 orang mahasiswa Unika Atma Jaya. Kegiatan dimulai dengan bermain dan bercerita yang disampaikan oleh mahasiswa Unika Atma Jaya dengan judul “Si bersih Lola”. Kemudian diteruskan dengan cerita yang sama disampaikan oleh guru Paud Asy-Syakira. Untuk mengingat pesan-pesan moral dalam cerita tersebut, beberapa siswa Paud maju kedepan kelas untuk menceritakan kembali cerita yang telah disampaikan oleh mahasiswa dan guru.

   

Pertemuan ke II tanggal 17 September 2015. Difasilitasi oleh Drs. Suharsono, M.Si, dan Titis Puspitarini, S.Sos., M.B.A. (Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Prodi Hospitality). Kegiatan dimulai di dalam kelas dengan materi pengenalan beberapa tanaman obat kemudian dilanjutkan kegiatan di luar kelas yaitu menanam jahe dan kunyit dalam pot dan cara merawat tanaman tersebut.

   

Pertemuan ke III tanggal 5 Oktober 2015. Difasilitasi oleh Sri Hapsari Wijayanti, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis) dan Maria Tri Warmiyati, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Psikologi). Kegiatan dimulai dengan menonton vcd di dalam kelas dengan judul “Si Kancil”. Kemudian dilanjutkan bercerita lewat media “wayang” yang dibuat dan disampaikan oleh guru Paud Asy-Syakira.

(Laban Eka Jaya/PPM)