ASK
ME

REGISTER
NOW

Penanaman 55000 Bibit Mangrove

11/12/2014 12:00:00 AM

 

Unika Atma Jaya telah mencatatkan sejarah pada 9 November 2014 di sekitar kawasan Hutan Mangrove Tol Sedyatmo, DKI Jakarta, atas ditanamnya 55.000 bibit mangrove.Kegiatan bertajuk  ‘Mangroves for Our Future’ ini merupakan kerjasama Unika Atma Jaya, melalui Fakultas Ekonomi, dengan Kementerian Kelautandan Perikanan Republik Indonesia c/q Direktur Pesisir dan Lautan, Dinas Kelautan dan Perikanan - Pemda DKI Jakarta, dan Mangroves for the Future (MMF). Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Bank Central Asia sebagai sponsor utama. Kegiatan ini mendapatkan rekor MURI sebagai rekor baru.

 

Kegiatan dibuka oleh Rektor Unika Atma Jaya Prof. Dr. Lanny W. Pandjaitan berterima kasih atas semua dukungan terhadap acara ini, khususnya kepada lebih dari 1000 mahasiswa yang menjadi relawan. Kegiatan ini menunjukkan kesinambungan dan kolaborasi, baik dari pemerintah maupun para pendukung pendidikan lainnya di Indonesia.

 

Drs. Riyanto Basuki, M.Si selaku Direktur Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pengembangan Usaha, mengucapkan rasa syukurnya atas kegiatan ‘Mangrove for Our Future’. Ia pun mengungkapkan ekosistem hutan mangrove ini layak kita jaga untuk mencegah berbagai potensi bencana alam yang dapat melanda Indonesia. “Saya harap kegiatan seperti ini tidak terhenti sampai disini, karena bagaimana pun ini adalah tanggung jawab kita untuk generasi mendatang,” tutup Riyanto Basuki.

 

Direktur Bank Central Asia Armand Gunawan juga mengungkapkan hal serupa, untuk menjadikan kegiatan serupa terus berlanjut. “Indonesia merupakan salah satu Negara dengan pantai pesisir terbesar didunia dan hampir 40% penduduk Indonesia tinggal disekitar pesisir. Inilah penting nya menjaga ekosistem hutan, khususnya mangrove, sebagai pohon utama yang menjaga lingkungan dan member manfaat bagi penduduk disekitarnya. Jadikan kegiatan ini menjadi suksesi, untuk kegiatan-kegiatan serupa di masa mendatang. Mari kita tidak hanya menanam benih – benih pohon mangrove saja, namun juga menanam benih-benih cinta lingkungan dalam diri kita,”pesan Armand Gunawan.

 

“Ada satu masalah yang terjadi di ibu kota kita ini, kita itu kurang peduli, orang Jakarta terlalu cuek! Saya senang, karena kita bukan Cuma tidak membuang sampah sembarangan, namun kita juga menanam yang kekurangan, yaitu kekurangan tanaman bakau,” sebut Plt Gubernur DKI Jakarta, Ahok.

 

Lebih lanjut Ahok mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pendukung acara khususnya UnikaAtma Jaya sebagai penyelenggara utama kegiatan ‘Mangrove for Our Future’. Ahok juga berharap semua orang Jakarta memiliki sikap kepedulian seperti yang telah ditunjukkan dalam kegiatan ini, supaya semua orang dapat hidup secara sehat.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan seluruh pendukung kegiatan, Ahok, Riyanto, Armand, Prof Lanny, dan seluruh mahasiswa untuk menanam bibit mangrove. Setelah kegiatan Prof. Lanny mengajak seluruh mitra usaha dan pendidikan untuk bekerjasama menjaga lingkungan.

 

 

Laporan & Foto: Yossie (M&PR)

 

Berita terkait:

http://news.detik.com/read/2014/11/09/125223/2743075/10/senangnya-ahok-kawasan-tol-sedyatmo-ditanami-puluhan-ribu-mangrove