ASK
ME

REGISTER
NOW

Penanaman 55.000 Mangroves for Our Future

10/27/2014 12:00:00 AM

 

Masalah lingkungan hidup merupakan masalah yang perlu diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Lingkungan hidup dapat memberikan manfaat kepada manusia, tetapi apabila tidak dirawat dan dilestarikan dapat membawa bencana. Dewasa ini, lingkungan nan hijau yang berdaya guna tidak lagi mendapat perhatian dari masyarakat. Hal inilah yang terjadi pada hutan mangrove di DKI Jakarta. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui fungsi dan manfaat mangrove padahal tumbuhan ini sangat bermanfaat. Salah satu manfaat mangrove adalah untuk menahan abrasi pantai dan peresapan air laut ke daratan, untuk tempat hidup biota laut, tempat perisistirahatan aneka burung. Bahkan, buah mangrove dapat diolah menjadi panganan dan minuman yang bernilai ekonomis.

 

Hutan mangrove berperan besar dalam mitigasi dampak perubahan iklim gobal (climate change) karena mampu meminimalisasi kerusakan akibat tsunami dan efektif menurunkan emisi gas karbon 400% lebih tinggi dari hutan tropis. Karena fungsi dan manfaatnya yang besar bagi masa depan lingkungan hidup manusia, mangrove perlu dilestarikan, dipelihara, dan kemudian dimanfaatkan hasilnya. Penyadaran akan pentingnya mangrove dirasakan perlu ditanamkan kepada generasi muda sejak dini.

 

Sebagai institusi pendidikan, Unika Atma Jaya sangat concern terhadap masalah lingkungan hidup. Melalui Tri Darma Perguruan Tinggi, Unika Atma Jaya tergerak melakukan bakti sosial dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dengan tema penyadaran dan kepedulian generasi muda terhadap kelestarian hutan mangrove di wilayah DKI Jakarta, khususnya di Kawasan Hutan Mangrove Tol Sedyatmo, Jakarta Utara.

 

Kegiatan ini merupakan kerja sama Unika Atma Jaya, melalui Fakultas Ekonomi, dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia c/q Direktur Pesisir dan Lautan, Dinas Kelautan dan Perikanan - Pemda DKI Jakarta, dan Mangroves for the Future (MMF). Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Bank Central Asia sebagai sponsor utama. Penanaman 55.000 mangrove ini mengusung tema Mangroves for Our Future yang akan diadakan pada

 

Hari, tanggal   : Minggu, 9 November 2014

Tempat           : Kawasan Hutan Mangrove Tol Sedyatmo, Jakarta Utara

Pukul               : 05.30 WIB sampai selesai (meeting point at Unika Atma Jaya)

 

Kegiatan yang diharapkan dapat memecahkan rekor MURI ini mengundang masyarakat luas, mahasiswa, dosen, alumni, LSM dan mitra tani untuk dapat terlibat dan berpartisipasi dalam penanaman. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link: mangrove-featmajaya.tk tempat terbatas (hanya 1500 volunteer saja). Adapun sosialisasi kegiatan penanaman mangrove akan diadakan pada:

 

Hari, tanggal   : Kamis, 30 Oktober 2014

Tempat           : Auditorium Unika Atma Jaya, Gedung Yustinus lantai 15

Pukul               : 08.00 WIB sampai selesai

 

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Dian 08979351938; Yussi  081233793342

 

 

 

Rincian bentuk, tujuan, dan manfaat kegiatan

 

Bentuk kegiatan

  1. Sosialisasi dan edukasi mangrove.
  2. Penanaman bibit mangrove.
  3. Pemantauan tumbuh kembang mangrove.
  4. Pengolahan hasil mangrove.

 

Tujuan Kegiatan

  1. Mensosialisasikan mangrove di kalangan generasi muda.
  2. Memberikan edukasi dan kesadaran akan pentingnya pelestarian hutan mangrove dalam memitigasi dampak bencana perubahan iklim dan pemanasan global.
  3. Membangun kerjasama, peduli, dan tanggung jawab sosial secara individu dan kelompok.
  4. Mendarmabaktikan kemampuan intelektual, pikiran, dan tenaga untuk kepentingan masyarakat.
  5. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan hasil olahan mangrove pada masa depan.

 

Manfaat kegiatan

  1. Mendukung upaya mitigasi dampak perubahan iklim dunia.
  2. Mendukung program pemerintah dalam melestarikan mangrove.
  3. Menciptakan lingkungan hijau dan berdaya guna di perkotaan.
  4. Memberdayakan masyarakat melalui pelatihan pengolahan hasil mangrove pada masa mendatang.