ASK
ME

REGISTER
NOW

Prodi Teknik Elektro Menyelenggarakan Pelatihan SEAMCAT

01/10/2014 00:00:00

Spektrum radio adalah sumber daya yang terbatas dan hanya dapat digunakan secara optimal bila terdapat kompatibilitas antar sistem komunikasi radio yang terletak pada frekuensi yang sama atau berdekatan. Spectrum Engineering Advanced Monte Carlo Analysis Tool atau SEAMCAT ® adalah piranti lunak gratis berbasis metode simulasi Monte-Carlo yang dikembangkan oleh European Communications Office. SEAMCAT® memungkinkan pemodelan statistik untuk berbagai skenario interferensi radio yang berbeda untuk kajian kompatibilitas dan sharing frekuensi antar sistem komunikasi radio.

 

Penelitian mengenai potensi interferensi antar sistem komunikasi radio sangat penting mengingat skema frequency sharing tidak terhindarkan lagi dengan semakin meningkatnya layanan teknologi telekomunikasi dan terbatasnya spektrum frekuensi.  Penelitian di bidang ini akan sangat dimudahkan dengan penggunaan piranti lunak SEAMCAT® .

 

Pada hari Kamis, 9 Januari 2014, Prodi Teknik Elektro Unika Atma Jaya mengadakan pelatihan Piranti Lunak  SEAMCAT® .  Instruktur pelatihan adalah dosen prodi Teknik Elektro, Dr Lydia Sari, dibantu dengan beberapa mahasiswa yaitu Kevin Anggana, Silvester Chrissetyadi, Christa Carmel, Michael Oliver, dan Nixon Rendy.  Peserta adalah para mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta program studi Teknik Telekomunikasi, yang didampingi oleh beberapa dosen dari Politeknik Negeri Jakarta.

 

Selama pelatihan, peserta langsung mencoba menganalisis potensi interferensi antar sistem komunikasi radio baik tetap maupun bergerak.  Diharapkan hasil pelatihan ini dapat dikembangkan oleh para peserta untuk meningkatkan penelitian di bidang alokasi spektrum radio.

 

 Pelatihan Seamcat