ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan Kepariwisataan Dasar dan Pembuatan Eco-enzyme serta Sabun Ramah Lingkungan di Kabupaten Pringsewu (PkM Mandiri) Pengabdian Masyarakat FIABIKOM




Sebagai kelanjutan program PkM di kabupaten Pringsewu. Pada tanggal 16 Maret 2023 dilaksanakan Pelatihan Kepariwisataan Dasar dan Pembuatan Eco-enzyme serta pembuatan sabun ramah lingkungan. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata kabupaten Pringsewu . Peserta pelatihan terdiri dari terutama kaum perempuan yang mewakili komunitas yang menjadi dampingan TPS3R Jejama Secancanan (foto 1). TPS3R adalah tempat pengolahan sampah dengan konsep Reduce, Reuse, Recycle yang dikoordinasikan oleh bapak Lukman Riyadi S.Pd. Dengan pelatihan pembutan eco-enzyme ini diharapkan peserta mampu “menularkan” ke anggota komunitasnya sehingga bisa menjadi semacam gerakan untuk mulai peduli pada limbah rumah tangga menjadi produk yang memiliki beraneka manfaat.


Pelatihan ini dilakukan kerjasama antara Tim Fiabikom unika Atma Jaya dan Tim FTI Universitas Trisakti. Tim Fiabikom terdiri dari Bapak Agung Nugroho, Suharsono, Alfonso dan 2 mahasiswi prodi Ilmu Komunikasi (Theodora Jessica dan Cecilia Francessa) serta 2 mahasiswsi prodi Pariwisata (Tri Aesatun dan Angelina Arini Yopa). Tim FTI Universitas Trisakti terdiri dari bapak Daisman Koordinator Pelaksana, bapak Tono Sukarnoto koordinator lapangan dan 16 orang anngota tim. Tim pelaksana pelatihan pembuatan eco-enzym terdiri dari ibu Pudji Astuti, Docki Saraswati, Eni Pujiastuti, Amal Witonohadi, Elfira Febriani, Ratna Mira Yojana dan Surya Saputra.


Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (bapak Jahron, S.Pd) dan Kabid Lingkungan Hidup (bapak Sigit). Selain itu juga dihadiri oleh Ketua Bussiness Development Center (BDC) kabupaten Pringsewu bapak Dodi Bahar Fathory (foto 2).