ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian

4/23/2014 12:00:00 AM

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian

 

 

photoUngkapan "If there‘s a book you really want to read but it hasn‘t been written yet, then you must write it." dari Toni Morrison diplesetkan menjadi “ If there’s a proposal DIKTI really want to read, but it hasn’t been written yet, then you must write it” dan dilanjutkan dengan kalimat ajakan “In order to write the proposal correctly and get DIKTI’s approval on it, come to our seminar”, demikian Bapak Dr. Ir. Rory Anthony Hutagalung, DEA. mengawali kata sambutannya pada acara Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitihan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang telah diselenggarakan pada tanggal tanggal 27 Maret 2014 yang lalu. Bapak Rory mewakili ketua LPPM, Ibu Dr. Clara R.P. Ajisuksmo yang seyogianya bertugas ke luar negeri, namun pada ahirnya dapat mengahadiri acara pelatihan dari awal sampai akhir dan aktif memberikan masukan.

 

Acara pelatihan penulisan proposal merupakan agenda rutin yang diselenggarakan LPPM setiap tahun yang bertujuan untuk membantu para peneliti di lingungan Unika Atma Jaya untuk meningkatkan kemampuan menulis proposal yang diharapkan bermuara pada peninggkatan jumlah pengajuan proposal, khususnya yang ditujukan ke DIKTI. Untuk mencapai maksud tersebut, pada tahun ini, disiasati dengan menyediakan sesi khusus, yakni bimbingan klinis proposal yang dibimbing langsung oleh narasumber dari DIKTI Bapak Prof. Dr.-Ing.  Mitra Djamal yang adalah dosen dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebelum acara bimbingan klinis, Prof. Mitra menyampaikan materi tentang Desentralisasi Penelitian, Teknik Penulisan Proposal Penelitian, dan Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas).

 

Pelatihan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Besar PKPM Gedung K-2 Lantai 3 Unika Atma Jaya dan dipandu oleh Ibu dr. Edhyana E. Sahiratmadja, Ph.D berlangsung meriah;  terlihat dari jumlah peserta dan tanya jawab yang intensif selama acara berlangsung.  Acara dihadiri oleh 36 peserta dan seluruh fakultas yang ada di lingkungan Unika Atma Jaya dan kelima Pusat di bawah LPPM terwakili. Peserta terbanyak adalah dari Fakultas Kedokteran yang berjumlah delapan orang diikuti oleh peserta dari Fakultas Ekonomi dengan enam peserta. Fakultas kedokteran juga mempresentasikan dua proposal untuk mendapatkan masukan dari peserta, khususnya untuk mendapatkan bimbingan klinis dari Prof. Mitra. Catatan khusus juga perlu diberikan pada kehadiran tiga orang professor.  

 

Dari keseluruhan peserta yang mengembalikan lembar evaluasi ada sebanyak 20 peserta. Pemahaman materi yang mengatakan baik ada 90%, dan sisanya mengatakan sangat baik sebanyak 10 %. Dalam hal manfaat materi bagi peserta,  55 % mengatakan sangat baik, 25 % mengatakan baik, dan 20 % mengatakan cukup. Penyajian materi oleh narasumber dinilai baik oleh 65% penilai, sementara 20% dan 15% menilai  cukup dan sangat baik. Demikian pun dalam hal pemanfaatan waktu, 55% mengatakan baik, 30% mengatakan sangat baik, dan sisanya yang mengatakan cukup hanya 15%.

diagram