ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan "Penulisan Karya Ilmiah Populer, Berhitung Metris, dan Penelitian Tindakan Kelas" bagi Guru SD di Kecamatan Cisauk

10/6/2015 12:00:00 AM

Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bekerjasama dengan UPT TK, SD, dan PNFI Kecamatan Cisauk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Pelatihan “Penulisan Karya Ilmiah Populer, Matematika Metris, dan Penelitian Tindakan Kelas” bagi guru sekolah dasar di lingkungan Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 01 dan 02 Kecamatan Cisauk.


Pelatihan diadakan selama 4 kali pertemuan, yaitu pada tanggal 12, 19, 26 September 2015, dan tanggal 3 Oktober 2015. Setiap pertemuan dihadiri oleh 40 orang guru perwakilan dari Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 01 dan 02. Pelatihan dibuka oleh kepala PPM bapak Drs. Suharsono, M.Si., dan kepala UPT TK, SD, dan PNFI Kecamatan Cisauk bapak H. Drs. Nana Sukarna, M.Si.

Pertemuan ke I tanggal 12 September 2015. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Populer. Diadakan di SD Negeri Cisauk. Sebagai narasumber dan fasilitator yaitu Drs. Rodemeus Ristyantoro, M.Hum (Dosen Fakultas Ekonomika Bisnis) menyampaikan materi logika berpikir dan Dr. Michael Dua (Dosen Fakultas Teknik) menyampaikan  materi teknik penulisan.

   

Pertemuan ke II tanggal 19 September 2015. Pelatihan Berhitung Metris. Diadakan di SD Negeri Cibogo.  Sebagai narasumber dan fasilitator yaitu Stephanus Ivan Goenawan, S.Si.,M.T. (Dosen Fakultas Teknik) dengan materi pengenalan notasi pagar, operasi penjumlahan dan pengurangan metris umum, dan operasi perkalian metris umum.

   

Pertemuan ke III tanggal 26 September 2015. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Diadakan di SD Negeri Sampora I. Sebagai narasumber dan fasilitator yaitu Sri Hapsari Wijayanti, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Ekonomika Bisnis) dengan materi proposal PTK dan laporan PTK, Yohanna Claudia Dhian, M.Hum. (Dosen Fakultas Pengajaran Bahasa) dengan materi konsep dan prosedur PTK, perangkat pembelajaran, dan laporan PTK, dan Maria Tri Warmiyati, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Psikologi) dengan materi teknik pengutipan & daftar pustaka, dan laporan PTK.


   

Pertemuan ke IV tanggal 3 Oktober 2015. Lanjutan  Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Diadakan di SD Negeri Anamui. Sebagai narasumber dan fasilitator yaitu Sri Hapsari Wijayanti, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Ekonomika Bisnis), Yohanna Claudia Dhian, M.Hum. (Dosen Fakultas Pengajaran Bahasa). dan Maria Tri Warmiyati, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Psikologi). Pada pelatihan ini, peserta mempresentasikan hasil pembuatan draft proposal PTK dari 6 kelompok. Setelah itu seluruh rangkaian pelatihan ditutup oleh  kepala UPT TK, SD, dan PNFI Kecamatan Cisauk bapak H. Drs. Nana Sukarna, M.Si.

   

(Laban Eka Jaya/PPM)