ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

12/10/2012 12:00:00 AM
Palat Penulisan Artikel IlmiahDalam rangka mengupayakan terus-menerus agar Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta menjadi Universitas berkelas dunia, menjadi perguruan tinggi terkemuka yang memiliki keunggulan akademik dan professional di tingkat nasional dan internasional, banyak jalan ditempuh. Salah satu upaya tersebut adalah penyelenggaraan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah yang didukung oleh Direktorat Pendidikan Tinggi.

Pelaksanaan pelatihan sesuai dengan rencana yaitu pada hari Senin-Selasa tanggal 3-4 Desember 2012 yang dimulai dari Pukul 08.00 sampai selesai. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Pertemuan Besar PKPM Gedung K-2 Lantai 3.

Dua hari pelatihan dengan penekanan hari pertama pada Strategi pemilihan jurnal, struktur artikel, Bahasa dan etika penulisan. Materi hari pertama tersebut di paparkan oleh Tim ahli dari DIKTI yaitu DR. Wahyu Wibowo dan DR. Ono Suparno. Karena salah seorang pembicara domisilinya di Bogor dan datang sampai di Atma Jaya sudah siang maka urutan penyajian diubah dari jadwal. Pagi hari dari awal sampai pukul 12.00 diisi dua sesi oleh DR. Wahyu yang menyampaikan tentang strategi memilih jurnal terakreditasi dan dilanjutkan dengan materi Bahasa artikel Ilmiah. Pada paruh hari berikutnya DR. Ono Suparno membawakan materi Struktur artikel ilmiah dan Etika penulisan artikel ilmiah. Kedua pembicara menyampaikan dengan penuh semangat.

DR. Wahyu dalam penyampaiannya lebih banyak memberikan contoh-contoh konkrit pemakaian bahasa yang menyimpang dari aturan. Contoh – contoh tersebut sangat simple tetapi riil, sering kali menohok pemikiran dan juga lucu. Sedangkan DR. Ono menyampaikan dengan lebih formal dan ringkas. Hal tersebut sesuai dengan latar belakang dua pembicara tersebutPelat Penulisan Artikel Ilmiah2 yang dari filsafat dan dari Teknik. Pada hari kedua menghadirkan Ibu Yanti Ph.D dari Fakultas Teknobiologi yang berbagi pengalaman memperoleh dana-dana hibah untuk penulisan ilmiah internasional. Ibu Yanti mengawali pemaparannya dengan mengungkapkan terimakasih kepada LPPM yang karena kesempatan dan dukungannyalah Beliau dapat memperoleh akses berbagai hibah. Maka sharing pengalaman ini juga Beliau maknai sebagai salah satu “balas budi”.

Peserta yang mengikuti ada 23 orang dari berbagai fakultas, memenuhi tempat duduk yang disediakan. Banyak pertanyaan muncul dari para peserta, hal tersebut menunjukkan adanya antusiasme peserta cukup tinggi, meskipun ada beberapa peserta meninggalkan pelatihan untuk mengajar kemudian kembali mengikuti pelatihan lagi.

Pelatihan ini juga sekaligus menanggapi atau menindaklanjuti gambaran  Data Publikasi tahun 2011 Anika Atma Jaya adalah sbb:

Pelat Penulisan Artikel Ilmiah3
Data yang secara implisit menunjukkan bahwa masih diperlukan effort yang tinggi di bidang publikasi ini diharapkan dapat semakin membaik dari waktu ke waktu.
 

***