ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan Penelitian Kualitatif

12/19/2012 12:00:00 AM

Pelatihan Penelitian Kualitatif

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mengadakan Pelatihan Penelitian Kualitatif  untuk para pengajar, peneliti, dan mahasiswa yang sedang melakukan Penelitian. Pelatihan ini dengan fasilitator Ibu Selly Riawanti, Ph.D staf Pengajar dari Universitas Padjadjaran Bandung. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu, 11 - 12 Desember 2012 pukul 8.30 – selesai di Gedung Yustinus Lantai 14, Kampus Semanggi Jl. Jend. Sudirman no. 51 Jakarta Selatan.


Peserta pelatihan sebanyak 23 orang yang berasal dari beberapa disiplin ilmu dan dari beberapa fakultas. Dari keseluruhan peserta tersebut ada 5 orang mahasiswa akhir yang sedang melakukan Penelitian untuk skripsinya. Demikian pun ada seorang peserta dari Universitas Indonesia yang sedang melakukan Penelitian kualitatif.

 

Sebagai fasilitator, Ibu Sally berusaha mendudukan/menempatkan sebagaimana mestinya. Dengan begitu suasana interaktif membuka diskusi komunikasi dua arah selalu diusahakan agar selalu terjaga. Dalam rangka itu pula ketika pada akhir hari pertama fasilitator mengharapkan para peserta mencari data dengan mewawancarai pihak tertentu ada yang meminta agar diberikan saja contoh-contoh dari fasilitator tetapi beliau bersikukuh tidak bersedia karena justru yang sangat penting adalah peserta benar-benar mengalami proses bagaimana melakukannya. Di sinilah pelatihan semakin menemukan/menunjukkan maknanya.

 

Beberapa peserta sangat mengapresiasi dan sekaligus terinspirasi oleh fasilitator. “ Selama ini saya melakukan Penelitian termasuk untuk disertasi saya dengan pendekatan kuantitatif, sekarang mendapatkan masukan yang sangat menarik dan bermanfaat untuk melengkapi pendekatan tersebut, pendekatan kualitatif dapat membantu mengeksplorasi banyak hal….” Ungkap Ibu Grees dari FTB.


Pelatihan Penelitian Kualitatif
Pelatihan selama dua hari diisi dengan alur acara sebagai berikut:


Hari 1: 11 Desember 2012
Pengantar Metode Penelitian Kualitatif  yang disampaikan dengan ceramah dilanjutkan dengan Metode Penelitian Kualitatif-Cepat. Dua materi tersebut dilanjutkan dengan Diskusi.

Paruh hari pertama berikutnya melakukan latihan tentang membuat topik dan pertanyaan penelitian kualitatif, membuat pedoman wawancara dan pedoman pengamatan sesuai hasil latihan,   praktik wawancara dan pengamatan, dan membuat catatan wawancara serta dan pengamatan yang diselesaikan di rumah.
 
 
Hari 2: 12 Desember 2012
Pada hari keduadiawali dengan membahas hasil Latihan tentang topik dan pertanyaan penelitian peserta kemudian dilanjutkan   ‘Catatan lapangan’ hasil wawancara dan pengamatan.

Pembahasan analisis data kualitatif meliputi membuat kode data (berdasarkan konsep etik maupun emik), memilah data berdasarkan kode, sampai menemukan kaitan antar kategori data serta membuat proposisi. Pelatihan diakhiri dengan merancang penulisan hasil penelitian kualitatif.
 
 
***