ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan Pembuatan Video Profil Goa Maria Padang Bulan Pringsewu Lampung (Pengabdian Masyarakat FIABIKOM)

10/26/2022 12:00:00 AM

   


Pelatihan ini mendapat dana hibah LPPM/PPM tahun 2022. Kegiatan PkM ini diawali dengan melakukan diskusi dengan pastur paroki Pringsewu, diwakili oleh Romo Muji (foto 3) dan diskusi secara online dengan pengurus/pengelola inti Goa Maria Padang Bulan. Hasil diskusi ini pada dasarnya pengelola berharap ada kerjasama dengan pihak Atma Jaya (tim Fiabikom Unika Atma Jaya) untuk diberikan pelatihan terkait dengan “bagaimana cara efektif memperkenalkan tempat Ziarah Goa Maria Padang Bulan” kepada khususnya umat Katolik dengan jangkauan yang lebih luas. Sebagai tahap awal disepakati untuk memberikan pelatihan pembuatan video profil (tahun 2022), dilanjutkan dengan pembuatan buku Goa Maria (tahun 2023). Tim Fiabikom terdiri dari bapak Agung Nugroho, Suharsono, Royke Singgih, Alfonso Harrison, Yerik Afrianto Singgalen dan Adela Suwandi (mahasiswi Ilkom). Mitra adalah pengurus inti Goa Maria Padang Bulan antara lain bapak Risdianto (ketua), Jakaria, Buyung dan Bayu Wibowo.

Goa Maria Padang Bulan merupakan tempat ziarah khususnya bagi umat Katolik di wilayah kabupaten Ptingsewu. Akses menuju Pringsewu dari Jakarta cukup mudah, aman dan sarana jalan yang sangat bagus. Lokasi ziarah ditata cukup indah, sejuk  dan nyaman. Berkat upaya salah satu tokoh umat Katolik dan juga salah satu inisiator Goa Maria Padang Bulan yaitu bapak F.X. Siman, maka beberapa jenis tanaman/pohon yang  sudah cukup langka ditanam kembali di sekitar are Goa Maria (Foto 2). Pelatihan secara langsung (tatap muka) dilakukan 2 kali dengan metode diskusi (foto 4) pada tanggal 28 Desember 2021 dan Mei 2022.

Hasil pembuatan video direncanakan akhir Desember 2022 sudah dapat dipublikasikan. Silahkan yang tertarik berziarah ke Goa Maria Padang Bulan. Suasananya sangat mendukung untuk berdoa.