ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan "Mengelola Website ISM-UJM" Mitra PPM Di Tanjung Pasir - Tangerang

12/18/2014 12:00:00 AM

   
Diskusi pelatihan 4 Desember 2014                                         Diskusi pelatihan 17 Desember 2014

PPM dan Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik; Dr. Adya Pramudita,  Ir. Sri Mulyanti, M.Kom, Demi Adidrana, ST, dan dua orang mahasiswa fakultas teknik Jody Leonard, dan Marcello pada kamis, 4 Desember 2014, dan Rabu, 17 Desember 2014 (Ir. Sri Mulyanti, M.Kom, Ir. Theresia Ghozali, M.Sc, Jody Leonard, dan Marcello) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan “Mengelola Website ISM-UJM” Tanjung Pasir – Tangerang. Pelatihan ini diikuti oleh pengurus Ikhtiar Swadaya Mitra – Usaha Jaya Mandiri (ISM-UJM) yaitu Siti Maria dan Agus Randa.

            Tim Pengabdian Masyarakat F.T

Pelatihan ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan saat assessment di Rumah Pintar (Rumpin) POS AL Tanjung Pasir pada 14 Agustus 2014 dan kegiatan pengumpulan data-data diskripsi UKM, diskripsi produk/potensi, keunggulan produk, dan lain-lain pada 14 Oktober 2014.

Perancangan website berdasarkan data yang telah dikumpulkan menggunakan PHP, MySQL dengan memanfaatkan hosting Prodi Teknik Elektro sebagai uji coba. Hasil rancangan website kemudian dikomunikasikan kembali untuk mengetahui apakah desain website telah memenuhi kebutuhan dan harapan mitra.


            Website Mitra ISM-UJM

Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik membuat dua versi website yang keduanya diletakkan pada subdomain dari domain yang dikelola oleh Prodi Teknik Elektro UAJ. Versi A dibuat menggunakan Content Management System Drupal dan Versi B dibuat dengan melakukan coding dari awal sampai akhir.

Versi A memiliki kelebihan yaitu kemudahan pengelolaan terutama jika akan digunakan bagi pemula dibandingkan Versi B. Namun Versi B memiliki keunggulan dalam fleksibilitas dan keterbukaan terhadap modifikasi, tetapi bagi pemula yang belum mengenal coding mungkin akan memerlukan waktu lebih banyak untuk menangani website tersebut, terutama jika melakukan modifikasi. Karena Versi B dibuat seluruhnya dari awal maka versi ini dibuat seluruh interface perintah dan pesannya dalam bahasa Indonesia yang lebih mudah dimengerti menurut sudut pandang mitra.

            Modem untuk Mitra ISM-UJM

Pada saat pelatihan, PPM dan Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik juga menyerahkan satu buah modem Huawei E5330 36 GB dengan akses internet gratis selama 1 Tahun untuk pengurus Ikhtiar Swadaya Mitra – Usaha Jaya Mandiri (ISM-UJM).

(Laban Eka Jaya/PPM)