ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan Kompetensi Tutor Program Kejar Paket C Untuk Komunitas Masyarakat Tanjung Pasir Tangerang

12/15/2014 12:00:00 AM

Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) menjadi unit yang mampu melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan menggerakkan komunitas akademis Unika Atma Jaya untuk melaksanakan pemberdayaan masyarakat mitra berdasarkan nilai-nilai inti Unika Atma Jaya.

Salah satu bentuk kegiatan untuk mewujudkan misi PPM Unika Atma Jaya ini adalah menjalin kerja sama lintas fakultas/prodi untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat mitra dalam bidang ekonomi (kewirausahaan), kesehatan, pendidikan dan lingkungan dalam rangka pemberdayaan masyarakat mitra.

   

Pada 29 November, 6 Desember, dan 13 Desember 2014, PPM dengan melibatkan Fakultas Psikologi, FKIP, dan dosen FT, FE melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di komunitas Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang Provinsi Banten dalam bentuk “Pelatihan Kompetensi Tutor Program Kejar Paket C”.

   

Pelatihan diikuti oleh 7 orang tutor dengan latar belakang pendidikan tutor beraneka ragam yaitu empat orang sarjana S1, dua orang sedang studi di jurusan PGSD, dan satu orang lulusan SMA. Usia enam tutor antara 21 – 27 tahun dan satu tutor yang berperan sebagai koordinator berusia 50 tahun. Rata-rata tutor mengungkapkan kebutuhan yang terkait dengan ketrampilan pengajaran dan metode mengajar sebagai kompetensi yang dinilai dapat mendukung tugas sebagai tutor. Selain itu pula, kompetensi tutor hanya didasari oleh minat dan kesediaan mengajar dan kurang menguasai bidang ilmu yang diampu.

 

Tujuan Kegiatan

Pelatihan Kompetensi Tutor Program Paket C bertujuan untuk;

  1. Meningkatkan pengetahuan tutor mengenai ketentuan-ketentuan menyelenggarakan program pendidikan kesetaraan paket C.
  2. Meningkatkan pengetahuan tutor mengenai pendidikan bagi orang dewasa.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tutor dalam ketrampilan metode pengajaran bagi orang dewasa.

 

Pada hari terakhir pelatihan, tim pengabdian masyarakat menyerahkan buku modul pembelajaran paket C sebanyak 21 eksemplar untuk komunitas Masyarakat Tanjung Pasir Tangerang

 

(Laban Eka Jaya/PPM)