ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelaksanaan Webinar "Pendampingan Orang Tua terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus"

5/19/2022 12:00:00 AM

   


Rabu, 18 Mei 2022 atas kerja sama Pusat Pengembangan Etika (PPE), Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM), Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya bersama Yayasan Peduli Anak Spesial (YPAS), melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk webinar melalui zoom meeting.

 

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Drs. Rodemeus Ristyantoro, M.Hum dimoderatorkan oleh Dr. Alexander Seran, MA serta Ranysya Latavia sebagai master of ceremony. Sesi pertama dimulai dengan materi ”Pendampingan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus” yang disampaikan oleh Dr. T. Sintak Gunawan, MA. Penyampaian materi pertama, memberikan pencerahan bahwa sebagai pendamping harus memiliki kesadaran akan peran dan tanggung jawab dirinya, sehingga dapat terus memberikan motivasi dan bantuan kepada anak untuk dapat terus bertumbuh dan berkembang.

 

Kemudian, pemaparan materi dilanjutkan oleh Dr. Wenny Savitry S. Pandia, M.Si., Psikolog. Selaku Dosen FP UAJ dengan topik ”Orang Tua Tangguh untuk Anak Spesial”. Melalui penyampaian materi kedua, pembahasan diperdalam dengan memahami tahapan penerimaan orang tua sebagai pendamping, dan bagaimana cara bagi orang tua menjadi pribadi yang tangguh untuk dapat memberikan dukungan kepada anak dan sesama anggota keluarga inti dalam proses membentuk keluarga yang tangguh dan kukuh.

    


Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi sharing oleh Ibu Chrisdina sebagai perwakilan peserta dalam memberikan pengalaman beliau dalam menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus. Sesi dilanjutkan kembali dengan membuka sesi diskusi yang berjalan baik. Terlihat dari beragamnya pertanyaan dan tanggapan yang dapat memberikan pengalaman bagi sesama peserta untuk saling memahami dan belajar. Melalui webinar ini, kiranya dapat memberikan wawasan luas kepada banyak pihak untuk dapat lebih memahami Anak Berkebutuhan Khusus, terlebih sebagai pendamping untuk dapat membangun relasi dengan anak maupun kepada sesama pendamping untuk terus dapat memberikan semangat dan dukungan. Selanjtunya Kegiatan ditutup oleh kepala PPM bapak H. Y. Sutarno.

   
   
(Pusat Pemberdayaan Masyarakat / PPM)