ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelaksanaan Webinar "Kecakapan Hidup dan Sadar Hukum dalam Melindungi Anak dan Perempuan"

11/13/2021 12:00:00 AM

   

Pos Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) lahir dari kolaborasi Unika Atma Jaya dengan Dinas PPAPP yang diresmikan bulan Oktober lalu. Pada hari Jumat, 12 November 2021 Pos SAPA UAJ memulai rangkaian aktivitasnya dengan webinar yang mengangkat tema, “Kecakapan Hidup dan Sadar Hukum dalam Melindungi Anak dan Perempuan”. Tujuan dari webinar ini adalah meningkatkan kesadaran, khususnya para muda-mudi, untuk mengembangkan ketahanan diri serta sadar akan hukum yang berlaku di Indonesia terkait kekerasan pada perempuan dan anak.

Webinar dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom dan disiarkan secara langsung di Youtube. Acara berlangsung mulai pukul 14.00 sampai 16.30 WIB. Pada webinar yang dilaksanakan Pos SAPA UAJ kali ini, peserta yang hadir adalah para mahasiswa UAJ dan teman-teman dari SMA atau SMK se-jabodetabek. Webinar hari ini disambut dengan luar biasa dan mencapai 590 peserta.

Rangkaian acara dibuka oleh MC yaitu Ibu Clara Maria Wulandaru, kemudian disusul dengan kata sambutan oleh Dr. Jur. Sih Yuliana Wahyuningtyas, S.H., M.Hum. selaku ketua LPPM UAJ. Pos SAPA yang berkolaborasi dengan Dinas PPAPP juga mengundang Pak Hendry Novtrizal untuk menyampaikan sambutan sebagai wakil dari Ir. Tuty Kusumawati, M.M selaku Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta. Setelah resmi dibuka, webinar dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh dua narasumber yang dipandu oleh Dr. Weny Savitry S Pandia, M.Si, Psikolog.

   

Materi hari ini membahas dua sudut pandang yang menarik dan aplikatif. Materi pertama membahas tentang “Kecakapan Hidup dan Mengembangkan Ketahanan Diri” yang disampaikan oleh Dr. Murniati Agustian selaku Dosen FPB UAJ. Melalui materi pertama, peserta diajak untuk melatih ketahanan diri saat menghadapi kekerasan. Kemudian, dilengkapi dengan pemaparan materi kedua oleh Ibu Feronica, S.H., M.H. selaku Dosen FH UAJ dengan topik “Sadar Hukum dan Pasal-pasal terkait Perlindungan Kekerasan Anak dan Perempuan”. Melalui pemaparan narasumber kedua peserta dibekali pasal-pasal yang dapat melindungi para korban maupun jalur hukum yang berlaku terhadap pelaku kekerasan.

Setelah pemaparan materi, dibuka sesi diskusi yang diikuti dengan hangat dan antusias oleh para peserta. Hal ini terlihat dari diskusi yang berlangsung secara interaktif melalui pertanyaan kritis dan mendalam yang dilontarkan peserta. Melalui webinar hari ini Pos SAPA UAJ bersama dengan Dinas PPAPP DKI Jakarta berharap semakin banyak individu yang sadar dan terlindungi dari kekerasan. Hal ini menjadi penting karena mirisnya, kekerasan dapat terjadi dimanapun, kapanpun, dan siapapun dapat menjadi korban. Maka dari itu, Pos SAPA UAJ berharap melalui webinar seperti hari ini semakin banyak yang sadar akan beragam kekerasan yang terjadi di sekitar kita, karena sesungguhnya saya dan Anda dapat mengambil peran untuk melindungi para korban.

 “Semoga anak dan perempuan Indonesia memiliki kehidupan yang lebih baik”.

   

Link youtube: https://youtu.be/CQ6NMbERP_0

( Pusat Pemberdayaan Masyarakat / PPM - Penulis: Jesslyn Belinda Mahasiswa FP UAJ )